Text
PENGARUH EDUKASI SELF MANAGEMENT TERHADAP TINGKAT STRES UNTUK MENCEGAH GASTRITIS PADA REMAJA DI DESA ROMBEN RANA KABUPATEN SUMENEP
Pendahuluan:Masalah gastritis mayoritas disebabkan karena faktor stress, tingkat stres yang tinggi mempunyai dampak negatif pada kejadian gastritis akibat mekanisme neuroendokrin pada saluran pencernaan. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikas Pengaruh Edukasi Self Management Terhadap Tingkat Stres Sebagai Upaya Mencegah Terjadinya Gastritis. Metode:Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Desain penelitian menggunakan pre- eksperimen dengan One Group Pretest Posttes design untuk meneliti tentang pengaruh edukasi Self Management. Terhadap tingkat stres dengan mencegah kejadian Gastritis pada Remaja .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Remaja yang mengalami gastritis sebanyak 40 yang diambil menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sejumlah 25 orang. Variabel independent adalah Self management dan Variabel dependent adalah Tingkat stres. Pengumpulan data menggunakan modifikasi SAK dan kuesioner. Pengolahan data meliputi editing, coding dan scoring. Analisa data menggunakan Wilcoxon. Hasil:hasil penelitian bahwa dari 25 menujukan menunjukkan sebelum diberikan edukasi didapatkan sebagian besar responden memiliki tingkat tres dengan kategori parah 18 (72.0%), sesudah diberikan edukasi didapatkan sebagian besar responden memiliki tingkat tres dengan kategori normal 14 (56.3%). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dan variabel akhir dengan nilai p value 0,00 (p< 0,005). sehingga H0 ditolak H1 diterima Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi Self Management pada tingkat stres untuk mencegah gastritis pada remaja di Desa Romben Rana Kabupaten Sumenep. Saran: Edukasi Self Management Tidak hanya untuk menurunkan tingkat stres namun juga untuk meningkatkan pengetahuan dalam menangani tingkat stres yang di sebabkan oleh gastritis.
Kata kunci: Self Management, Tingkat stres, Remaja
Tidak tersedia versi lain