Manfaat Peer Teaching Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Tentang Pertolongan Pertama Pada Kasus Perdarahan dan Fraktur Terbuka

  • Taufan Arif Poltekkes Kemenkes Malang
  • Fitriana Kurniasari Solikhah Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Rudi Hamarno Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Ahda Fina Rahma Faradisa Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Vida Mawadati Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Aulia Fahmi Alfarizi Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Yumarsanni Habibi Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Kanesya Putri Andrea Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Adinda Dwi Salva Salsa Billa Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Ulum Mabruroh SMK Modern Al Rifa’ie Malang
  • Siswati Siswati SMK Modern Al Rifa’ie Malang
Keywords: Perdaharan, Fraktur terbuka, Peer teaching

Abstract

Kejadian kecelakaan dapat terjadi dimana saja dan pada waktu kapan saja. Salah satu garda terdepan dalam memberikan pertolongan korban kecelakaan adalah masyarakat umum. Salah satu masyarakat umum atau sering disebut masyarakat awam adalah siswa sekolah. Kesalahan penatalaksaan pada kasus fraktur akan membuat kondisi korban menjadi semakin parah. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah peserta dapat melakukan pertolongan pertama pada kasus fraktur terbuka yang disertai perdarahan. SMK Al-rifa’ie memiliki Palang Merah Remaja yang baru terbentuk sehingga masih banyak yang belum mengetahui tindakan yang diperlukan jika ada korban mengalami kegawatdaruratan. Target dan luaran kegiatan ini adalah menanamkan jiwa kegawatdaruratan tentang pertolongan pertama pada kasus perdarahan dan fraktur terbuka. Metode serta cara pelaksanaan Pengabdian Masyarakat terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Lokasi kegiatan di SMK Modern Al – Rifa’ie Malang dengan jumlah peserta 72 orang dan dibagi 3 kelompok. Kegiatan dilaksanakan tanggal 12-27 Oktober 2024. Tingkat pengetahuan sebelum diberikan sosialisasi mayoritas termasuk dalam kategori tingkat pengetahuan kurang (61%), sedangkan setelah diberikan sosialisasi mayoritas termasuk memiliki tingkat pengetahuan baik (76%). Terdapat peningkatan pengetahuan siswa tentang pertolongan pertama pada kasus perdarahan dan fraktur terbuka di SMK Modern Al-Rifa’ie Malang. Diharapkan materi ini dalam dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan SMK Modern Al-Rifa’ie Malang agar mendukung sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.
Published
2024-12-18
How to Cite
Arif, T., Solikhah, F., Hamarno, R., Rahma Faradisa, A., Mawadati, V., Alfarizi, A., Habibi, Y., Andrea, K., Salva Salsa Billa, A., Mabruroh, U., & Siswati, S. (2024). Manfaat Peer Teaching Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Tentang Pertolongan Pertama Pada Kasus Perdarahan dan Fraktur Terbuka. Jurnal Abdi Medika, 4(2), 53-62. https://doi.org/10.35874/jam.v4i2.1411