Analisis Kadar Hemoglobin pada Masa Menstruasi (Literature Review)

  • Zainul Arifin STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Hemoglobin merupakan biomolekul yang dapat mengikat oksigen dan mengandung zat besi ( Fe ). Apabila hemoglobin mengambil oksigen dari paru - paru maka oksigen akan dilepaskan pada saat eritrosit melewati pembuluh darah kapiler. Tujuan literature review ini untuk mengetahui kadar hemoglobin saat menstruasi. Metode yang digunakan desain literature review yang memakai format PICOS (Population/problem, Intervention, Comparation, Outcome, and Study design) dengan menggunakan sumber jurnal nasional dan internasioal dari berbagai database dengan menentukan kriteria inklusi dan eksklusi. Literature Review ini dengan menelaah 5 jurnal yang sesuai dengan topik analisis kadar hemoglobin pada masa menstruasi. Sumber data pencarian di beberapa database yaitu Google Scholar, NCBI, Science Direct. Hasil yang diperoleh dari database Google scholar, NCBI dan Science Direct sebanyak 1755 jurnal kemudian disaring lagi untuk jurnal dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dengan permasalahan yang sama dan didapatkan 5 jurnal. Pengambilan sampel menggunakan eksperimen semu, cross sectional. Dilakukan pemeriksaan menggunakan alat hematology analyzer dan Hb sahli kemudian dikelompokkan sesuai kriteria eksklusi dan inklusi. Hasil analisis dari kelima jurnal yang di telaah didapatkan hasil rata-rata kadar hemoglobin kurang dari normal. Kesimpulan Berdasarkan Literature Review analisis kadar hemoglobin pada masa menstruasi didapatkan hasil kadar hemoglobin kurang dari normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnanda, Quinzheilla Putri, Diah Siti Fatimah, Shinta Lestari, Shella Widiyastuti, Dede Jihan Oktaviani, Saqila Alifa Ramadhan, Alia Resti Azura, et al. 2016. “Hubungan Kadar Hemoglobin, Eritrosit, Dan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswa Farmasi Universitas Padjadjaran Angkatan 2016.” Farmaka 17 (2): 15–23.

Asfaraini, Risma Ayu, Siti Zaetun, and Rohmi Rohmi. 2018. “Perbedaan Kadar Hemoglobin Dan Morfologi Eritrosit Sebelum Menstruasi Dan Setelah Menstruasi Remaja Putri.” Quality : Jurnal Kesehatan 11 (2): 78–85. https://doi.org/10.36082/qjk.v11i2.73.

Irianti, Berliana. 2019. “Hubungan Volume Darah Pada Saat Menstruasi Dengan Kejadian Anemia Pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Internasional Pekanbaru Tahun 2014.” Encyclopedia of Journal 1 (2): 257–61.

Luciana, Hasnidar, and Maharani Farah Dhifa Masikki. 2019. “Efektivitas Konsumsi Tablet Fe Selama Menstruasi Terhadap Penigkatan Kadar Haemoglobin Pada Siswi SMAN 3 Kota Palu.” CHMK Midwifwery Scientific Journal 2 (3): 50–57.

Suhanda, Parta, and Suyatini Suyatini. 2016. “Hubungan Lamanya Menstruasi Dengan Kadar Haemoglobin Pada Mahasiswi Politeknik Kesehatan Kemenkes Banten.” Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan) 3 (2): 143–48. https://doi.org/10.36743/medikes.v3i2.102.

Tuntun, Maria, and Pudji Rahayu. 2016. “Pengaruh Menstruasi Terhadap Profil Hematologi Pada Siswi SMPN 22 Bandar Lampung The Effect of Menstruation on Hematology Profiles in Students SMPN 22 Bandar Lampung.” Jurnal Analis Kesehatan 8 (1).

Wahyuningsih, Astuti, and Sari Puji Astuti. 2012. “Hubungan Kadar Hemoglobin Dengan Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Prodi D Iii Kebidanan Tingkat Iii Stikes Muhammadiyah Klaten.” Involusi Kebidanan 2 (3): 34–45.

Published
2022-04-12