Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Balita di Masa Pandemi COVID-19

  • Karlina sumiari tangkas Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Ni Luh Astrini Puskesmas Sukasada I Kabupaten Buleleng
  • Putu Sukma Megaputri Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
  • Putu Dian Prima Kusuma Dewi Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
Keywords: posyandu, Balita, COVID-19

Abstract

Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap bulan guna memberdayakan dan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Balita merupakan target utama dalam kegiatan posyandu. Akibat terjadinya pandemic COVID-19 yang melanda dunia saat ini menyebabkan pelaksanaan posyandu mengalami kendala akibat diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) atau pshycal distancing. Tujuan Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui bagaimana dampak pandemic COVID-19 terhadap pelaksanaan kegiatan posyandu sebelum dan saat masa pandemic covid di Desa Kayuputih. Metode pengumpulan data dilakukan kegiatan pengumpulan data sekunder dari data Register SIP dan kohort Balita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan kunjungan balita ke posyandu di Desa Kayuputih pada penurunan pada kunjungan baiita (37,7%), pemantauan pertumbuhan balita (53,3%), dan pemberian vitamn A (12,14%) sebelum pandemi dan saat pandemi COVID-19. Secara keseluruhan terjadi penurunan capaian kegiatan posyandu sebelum dan saat pandemic COVID-19 akibat ditutupnya kegiatan posyandu. Saran diberikan Kepada petugas Kesehatan setempat agar tetap melakukan pemantauan dengan memanfaatkan media social (whatssapp group) dalam melakukan sosialisasi dan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita yang ada di wilayahnya, Pemerintah daerah mendukung dengan lebih mengaktifkan satgas covid desa agar dalam pelaksanaan posyandu, protokol kesehatan tetap diterapkan serta masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam pelaksanaan posyandu di masa pandemi COVID-19 agar bayi dan balita terhindar dari penularan namun dapat terpantau status kesehatannya secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi (2015). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku Panduan Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi, Jakarta, 2011.

Dewi, Putu Dian Prima Kusuma dkk (2019). Pengantar Metode Penelitian Bagi Mahasiswa Bidan dan Perawat. Cetakan Pertama. Singaraja: STIKes Buleleng.

Diah Ni Made dkk, Panduan Kesehatan Balita Di Masa Pandemi Direktorat Kesehatan Keluarga Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2020.

Diah Ni Made dkk, Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19, Kementrian Kesehatan, 2020.

Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Profil Kesehatan Kabupaten

Buleleng Tahun 2019. Buleleng: 2019.

Gempar Rarit, Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu, Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL POSYANDU) 2011.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 2020. Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.Profil Kesehatan RI Tahun 2019. Jakarta: Kemenkes RI. 2019.

Notoatmodjo, Soekidjo (2018). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Artikel

Wahyuni, W. (2020) ‘ANALISIS KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU SIMPANG TIGA SIMANCUNG KABUPATEN SIJUNJUNG TAHUN 2019’, human care journal.

Published
2022-10-11