Pengaruh Perineum Massage terhadap Derajat Laserasi Perineum pada Ibu Bersalin Primipara

  • Lusianah Meinawati ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
Keywords: Massage, Perineum, Laserasi

Abstract

Laserasi perineum merupakan kondisi perlukaan jalan lahir yang terjadi pada saat persalinan.  Desain penelitian static group comparism. Populasi pada penelitian ini adalah ibu bersalin primipara yang mengikuti kelas ibu hamil dan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan di Bidan Praktik Mandiri Lilis Suryawati yang berjumlah 50 responden. Peneliti mengambil sampel berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi 25 orang untuk kelompok perlakuan dan 25 orang untuk kelompok kontrol. Prosedur pengambilan sampel ini menggunakan Non Propability Sampling yaitu Purposive Sampling. Analisis pengaruh perinium massage terhadap derajat laserasi pada ibu bersalin primipara maka digunakan uji statistik Mann-Whitney dengan tingkat kepercayaan 95% (α= 0,05). Hasil analisis menunjukkan derajat laserasi perineum pada ibu bersalin primipara dengan laserasi perineum derajat I adalah 20 orang (40%), ibu bersalin primipara dengan robekan perineum derajat II sebanyak 30 orang (60%), tidak ada ibu bersalin primipara yang mengalami laserasi perineum derajat III dan IV. Kesimpulan penelitian Ibu bersalin primipara yang tidak mengalami laserasi perineum adalah ibu yang sudah mendapatkan treatment perinium massage secara teratrur dan rutin pada kelas ibu hamil yang dilakukan sesuai jadwal sedangkan ibu bersalin primipara yang tidak dilakukan perineum massage sebagian besar mengalami laserasi perineum, sehingga pengaruh perinium massage terhadap derajat laserasi perinium. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bardja, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Laserasi Perinium Pada Ibu Bersalin. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(11), 151–161.
Cunningham, Ph.D., Michael R. Kramer, Ph.D., Solveig A dan K.M. Venkat Narayan M. Obstetri Willaims (2013). 23rd ed. United States of America: The McGraw Hill Companies.
Fatimah, dkk (2020). Pijat Perinium. Mengurangi Ruptur Perineum Untuk Kalangan Umum, Ibu Hamil dan Mahiswa Kesehatan. Salemba. Bandung.
Rich Jewell, G. (2022). Massage Therapy: The Evidence for Practice. Mosby
Suharni, 2018. Pengaruh Massage Periniem Masa Antenatal Terhadap Rupture Perineum Pada Primipara. Yogjakarta. Tesis.
Susanti, T. 2012. Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan Semester IV Tentang Pijat Perineum dan Rupture Perineum. Banda Aceh. Skripsi
Fitria Dwi, dkk (2017) Pengaruh pijat perineum pada kehamilan trimester III terhadap robekan perineum primigravida di puskesmas Jagir Surabaya. UNUSA; 2017.
Published
2022-10-11