Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Kader tentang Manajemen Laktasi

  • Elies Meilinawati SB Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Nunuk Nurhayati STIKES Artha Bodhi Iswara Surabaya

Abstract

Pemberian ASI pada bayi merupakan cara terbaik meningkatkan kualitas SDM sejak dini. Keberhasilan ASI eksklusif sangat bergantung pada tahapan manajemen laktasi, sehingga semua tahap harus dipersiapkan dengan baik supaya ASI eksklusif berjalan dengan sukses. Peran kader kesehatan posyandu di antaranya adalah mengajak keluarga untuk mendorong ibu dalam memberikan Air Susu Ibu secara eksklusif agar bayi tumbuh sehat dan memberikan edukasi pada ibu hamil dan ibu pasca persalinan tentang menyusui. Pengetahuan yang baik serta sikap positif  akan  menghasilkan  pelayanan  pelayanan  yang  baik.  Sikap  kader  dalam pelayanan posyandu menunjukkan sikap positif akan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah kader Posyandu di Desa Leminggir, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto dengan jumlah sampel sebanyak 24 kader. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan sikap kader tentang manajemen laktasi (ρ value sebesar <0,000). Pengetahuan kader yang baik akan mendorong kader memberikan sikap positif tentang manajemen laktasi yang pada akhirnya berperilaku baik dalam melakukan pendampingan pada ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anani, D. F., & Mahmudiono, T. (2018). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Konsumsi Pangan Isoflavon Pada Mahasiswi Pre-Menstrual Syndrome. Amerta Nutrition.

Astuti, N. H. (2017). Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu dalam Manajemen Laktasi Melalui Metode Ceramah. Journal. Uhamka. Ac. Id, 2, 109–114.

Elba, F., & Ristiani, R. (2019). Hubungan Pelatihan Keterampilan Dengan Pengetahuan Kader Tentang Peran Fungsi Sistem 5 Meja Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Sehat Masada, 13(1), 65–73.

Genisa, M., Syarief, I., & Nazwirman, N. (2021). UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN MANAJEMEN LAKTASI UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI POSYANDU CEMPAKA MERAH-JAKARTA PUSAT. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(3).

Imansari, A., Madanijah, S., & Kustiyah, L. (2021). Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Kader Melakukan Konseling Gizi Di Posyandu. Amerta Nutr, 5(1), 1.

Kementerian Kesehatan RI. (2012). Ayo Ke Posyandu Setiap Bulan. Kementerian Kesehatan RI Puast Promosi Kesehatan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Situasi dan Analisis ASI Eksklusif. Kementrian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Menyusui Dapat Menurunkan Angka Kematian Bayi. Kementrian Kesehatan RI.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Mulyani, S., & Astuti, M. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 2(1), 49–60.

Nugrahaeni, S. A., & Margawati, A. (2014). Pengaruh modul terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek kader dalam upaya pemberian ASI eksklusif. Gizi Indonesia, 37(1), 19–28.

Pakasi, A. M., Korah, B. H., & Imbar, H. S. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Kader Kesehatan Dengan Pelayanan Posyandu. JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan), 4(1), 15–21.

Ria Kusuma, A., Yuli Kusumawati, S. K. M., & Astuti, R. (2015). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Kader Terhadap Perilaku Kader Dalam Penyuluhan Gizi Balita Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rofiqoh, S., & Setiadi, W. (2019). IN HOUSE TRAINNING MANAJEMEN LAKTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KADER PENDUKUNG ASI. Prosiding University Research Colloquium, 504–508.

Rulina, S., & Sidi, I. P. S. (2004). Bahan Bacaan Manajemen Laktasi: Menuju persalinan aman & bayi baru lahir sehat. Perinansia.

Setianingsih, S., Musyarofah, S., Livana, P. H., & Indrayati, N. (2022). Tingkat Pengetahuan Kader dalam Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(3), 447–454.

Sudargo, T., Kusmayanti, N. A., Aristasari, T., Meliawati, Z., & Nurhayati, S. (2019). Pemberian ASI Eksklusif sebagai makanan sempurna untuk bayi. Gadjah Mada University Press.

WHO. (2020). World Breastfeeding Week 2020 Message. https://www.who.int/news/item/31-07-2020-world-breastfeeding-week-2020-message

Winarso. (2005). Sosiologi komunikasi massa. Prestasi Pustaka.

Published
2023-03-31