Gambaran Pengetahuan Ibu Dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI Bayi Usia 6-24 Bulan

  • Ria Fajar Nurhastuti STIKES Buana Husada Ponorogo
  • Risye Endri Purwiyanti STIKES Buana Husada Ponorogo

Abstract

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan selain diberikan ASI Eksklusif, bayi sudah dapat diberikan makanan tambahan berupa makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan kandungan gizi yang lebih lengkap sebagai pendukung tumbuh kembang bayi.  Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) harus tepat dan benar baik dari segi bahan makanan, bentuk atau tekstur, rasa dan waktu pemberian. Bayi mulai diberikan MP-ASI sejak umur 6 bulan karena pada umur kurang dari 6 bulan bayi hanya diberikan ASI saja tanpa bahan makanan yang lain atau dikenal dengan istilah ASI Eksklusif. Apabila pemberian MP-ASI kurang tepat maka dapat berakibat      berbagai macam gangguan diantaranya adalah alergi, diare, gangguan ginjal, dan gangguan tumbuh kembang pada bayi. Pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI adalah faktor utama dalam ketepatan pemberian MP-ASI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor pengetahuan seorang ibu dalam pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 6-24 bulan. Tempat penelitian di Desa Sawuh Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan jumlah populasi 25 orang, teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Dalam penelitian ini terdapat satu variable yaitu Pengetahuan Ibu dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI), Instrument yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pengetahuan ibu (responden) dalam pemberian makanan pendamping ASI termasuk pada kategori kurang yaitu sebesar 46%. Faktor yang paling berpengaruh adalah faktor Pengetahuan. Para kader posyandu dan tenaga kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kegiatan sosialisasi pemberian MP-ASI kepada ibu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agho, K. E. et al. (2011) „Determinants of exclusive breastfeeding in Nigeria‟, BMC Pregnancy and Childbirth, 11(1), p. 2. doi: 10.1186/1471-2393-11-2.

Azwar, Azrul. (2002). Masalah Gizi Kurang pada Balita dan Upaya Penanggulangan di Indonesia. Majalah Kesehatan Masyarakat. Jakarta. XXVII No.11

Budiman &Riyanto A. 2013.Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika pp 66-69.

Ginting, D., Sekarwarna, N. dan Sukandar, H. (2015) “Pengaruh Karakteristik, Faktor Internal dan Eksternal Ibu terhadap Pemberian MP-ASI pada Bayi Usia < 6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Barusjahe Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara”, Jurnal Ilmu Kesehatan, (38), pp. 1–13.

Lailina M., Tri Dewanti Widyaningsih, dan Jaya Mahar M. (2015) Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Untuk Bayi 6 – 24 Bulan” Jurnal Pangan dan Agroindustri. Vol. 3 No 4 p.1646-1651.

Mufida, L. (2015). Prinsip Dasar MPASI untuk Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol 3 N. 4,: 1646-1651.

Notoatmojo, S. (2003) Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, S. (2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnamasari, Wulandari Eka. (2014). Optimasi Kadar Kalori Dalam Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Jurnal Pangan dan Agroindustri. Vol.2 No.3 p.19-27

Riksani, R. (2012) Variasi Olahan Makanan Pendamping ASI. Jakarta Timur: Dunia Kreasi

Scott, J. A. et al. (2009) „Predictors of the early introduction of solid foods in infants: results of a cohort study‟, BMC pediatrics. BioMed Central, 9, p. 60. doi: 10.1186/1471-2431-9-60.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Titariza. (2009). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping ASI Dengan Perubahan Berat Badan Balita Usia 6-24 Bulan Di Posyandu Desa Banjarsari Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro. Semarang

Utami, (2012). Buku Pintar ASI Eksklusif. Yogyakarta: Diva Press.

Yuliarti, Nurheti. (2010). Kebijakan ASI Makanan Terbaik untuk Kesehatan, Kecerdasan, dan Kelincahan si Kecil. Yogyakarta: Penerbit Andi

Published
2023-03-31