Asuhan Kebidanan Komprehensif pada Ny “l” GII P1A0 36 Minggu Kehamilan Normal di PMB Lilis Suryawati.,S,ST.,M.Kes Sambong Dukuh Jombang

  • Fera Yuli Setiyaningsih
  • Adistavirda Lovado Ramadhani Hidayat ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Nining Mustika Ningrum ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Kehamilan merupakan suatu proses fisiologis yang terjadi pada perempuan  namun selama kehamilan tidak selalu berjalan normal. Ibu hamil sering mengalami ketidaknyamanan pada Trimester III yaitu gangguan nyeri punggung yang disebabkan karena perubahan kelengkungan tulang belakang yang mengalami peningkatan tekanan dan bertambahnya volume uterus. Tujuan untuk melakukan asuhan kebidanan komprehensif pada Ny L sejak masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, neonatus dan kontrasepsi. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi kasus kepada Ny L dilakukan observasi dari kehamilan sampai dengan keluarga berencana. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengumpulan data dibantu dengan format asuhan kebidanan SOAP. Hasil asuhan kebidanan Ny L pada masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, neonates dan kontrasepsi berlangsung normal tanpa penyulit dan dilaksanakan sesuai dengan standart asuhan kebidanan. Kesimpulan asuhan kebidanan komprehensif pada Ny L dilaksanakan sesuai dengan asuhan kebidanan dengan hasil normal tanpa penyulit apapun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armini, N.W. (2017) Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Pra Sekolah. Yogyakarta: ANDI.

Atika, V. and Pongki, J. (2016) Asuhan kebidanan pada Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Trans Info Media.

Bahiyatun (2009) Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: EGC.

Herawati, A. (2017) ‘Upaya Penanganan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Trimester III’, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, pp. 6–7.

Kemenkes (2020) Pedoman bagi ibu hamil, ibu nifas dan bayi baru lahir. Pedoman bagi ibu hamil , ibu nifas dan bayi baru lahir selama covid-19.

Rahyani, N. dkk (2020) Buku Ajar Asuhan kebidanan Patologi Bagi Bidan. Edited by ANDI. Yogyakarta.

Sandhi, S.I. and Dewi, D.W.E. (2021) ‘Implementasi Penanganan Pertolongan Persalinan oleh Bidan Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Era New Normal’, Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), p. 17. Available at: https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.442.

Saraha, Rosida Hi; Djama, Nuzliati T; Suaib, N. (2021) Solusi Low Back Pain pada Kehamilan dengan Terapi Akupunktur Aurikular. Edited by I. Media. Malang.

Sari, R.S.F. (2020) ‘Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny “K” GIP0A0 34 Minggu Kehamilan Normal Dengan Keluhan Nyeri Punggung Di PMB Yeni Artiningsih, A.Md.Keb Desa Karangdagangan Bandarkedungmulyo Jombang’.

Suryani, P. and Handayani, I. (2018) ‘Senam Hamil dan Ketidaknyamanan Ibu Hamil Trimester 3’, Bidan Midwife Journal, 4(1), pp. 33–39.

Yuni (2020) Konsep Persalinan secara Komperhensif dalam Asuhan Kebidanan. Pustaka Baru Press.

Published
2023-03-31