Pengaruh Pengetahuan Remaja Putri tentang Perilaku Pubertas Pada Usia 13-15 tahun

  • Eko Sri Wulaningtyas UNP PGRI Kediri
  • Entin Srihadi Yanti UNP PGRI Kediri
  • Ardina Rezky Noeraini UNP PGRI Kediri
  • Santia Santia UNP PGRI Kediri

Abstract

Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang periode remaja merupakan transisi dari masa anak ke masa dewasa yang ditandai dengan percepatan perkembangan fisik mental emosional dan social. Bagian terpenting dari masa remaja adalah pubertas yang sering diistilahkan sebagai fase negatif karena terdapat sikap dan sifat negatif perubahan perilaku yang tampak ditunjukkan dalam sikap, perasaan dan keinginan serta perbuatan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan remaja tentang pubertas yang mempengaruhi perilakunya pada  pada pubertas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan populasi siswa SMP yang memasuki masa pubertas sampelnya sebanyak 165 responden dengan teknik preposisi sampling teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner analisa statistik yang digunakan adalah menggunakan uji koefisien korelasi rho spearman rank  kemudian dilanjutkan dengan uji t untuk signifikasinya dengan derajat kemaknaan 0,05. Dari hasil koefisien korelasi Uji T didapatkan t hitung sama dengan 7,674 dan P tabel 1,960 maka t hitung lebih dari t tabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima berarti terdapat pengaruh antara pengetahuan remaja tentang kertas terhadap perilakunya pada usia 13 sampai 15 tahun. Dengan pengetahuan yang cukup maka  maka remaja akan mampu mengontrol perilakunya sehingga terwujud perilaku yang bertanggung jawab dalam mengambil keputusan terutama dalam menghadapi masalahnya pada masa pubertas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BBruce G. Simons-Morton, A. D. (1999). Student-School Bonding and Adolescent Problem Behavior. Munchen: Health Dissestation.

Gunarsa, S. & J, Y. S. (2011). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Raffi Dafa Dzaki dkk (2021 ). Remaja dan Permasalahannya, Prosiding FK UC, Vol 1 No 1

Notoatmodjo S (2005). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta

Jayanti, A. D. (2014). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Dampak Permainan Playstation Pada Anak Usia Sekolah Di Dusun Nglawisan, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial; Universitas Negeri Yogyakarta.

Patinus, R. &. (2014). Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa-Siswi SMPN 07 Sengah Temila Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS.

Sarwono, Sarlito W. (2010). Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Wenefrida; Bahari, Y. & Ibrahim, Y. (2010). Penanggulangan Kenakalan Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Bhineka Tunggal Ika Pontianak. Jurnal Sosiologi. Prodi Sosiologi, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak

Zahra, Y. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Delikuen Pada Remaja Laki-Laki. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Sumatera Utara.

Published
2023-03-31