Pengetahuan dan Sikap Akseptor KB Dalam Pemilihan kontrasepsi Intra Uterine Devices

  • nunuk - nurhayati sekolah tinggi ilmu kesehatan artha bodhi iswara surabaya

Abstract

Intra Uterine Device adalah benda kecil yang lentur terbuat dari plastik, terdapat lilitan tembaga dan mengandung hormon dan dimasukkan melalui vagina ke dalam rahim serta mempunyai benang. IUD merupakan  suatu metode  kontrasepsi modern yang dirancang baik dalam bentuk, ukuran serta masa aktif fungsi kontrasepsinya yaitu 10 tahun, berfungsi untuk menghalangi fertilisasi dan untuk mencegah telur berimplantasi dalam uterus.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap akseptor KB dalam pemilihan kontrasepsi Intra Uterine Device karena berdasarkan data dari BPS BKKBN tahun 2022 Peserta KB MKJP khususnya  IUD jumlah akseptor KB nya jauh lebih sedikit yaitu sebesar 1.607.288 peserta di banding KB non MKJP (suntik /PIL )  yaitu sebesar 4.123.035 di dukung mitos di masyarakat bahwa kontrasepsi IUD mengganggu hubungan suami istri. Penelitian ini termasuk penelitian  deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur yang ber KB dan Sampel dalam penelitian ini adalah  akseptor KB IUD sebanyak 66. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap tentang kontrasepsi IUD dan variabel  terikatnya adalah pemilihan kontrasepsi Intra Uterin Device. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji Chi square. Di dapatkan nilai 0,004 atau (≤0,05), sehingga pengetahuan dan sikap dapat mempengaruhi  akseptor KB dalam pemilihan IUD. Di sarankan lebih di tingkatkan pengetahuan akseptor KB tentang kontrasepsi IUD dengan  pemberian KIE kepada wanita usia subur dengan melibatkan petugas penyuluh lapangan dari PLKB dan kader KB  di wilayah Kecamatan Puri kabupatn Mojokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Sudarma, dkk, I. M. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. PT Grafindo Persada.

Desak Ketut Sintaasih. (2021). KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN PERAN STRATEGIC PARTNER SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ... - Google Books. MEDIA SAINS INDONESIA.

https://www.google.co.id/books/edition/KNOWLEDGE_MANAGEMENT_DAN_PERAN_STRATEGIC/CU0iEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=KNOWLEDGE+Adal ah&pg=PA41&printsec=frontcover

Dhona Anggraeni, 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Stikes Majapahit Mojokerto

Devi Indriani, Efriza, Pemilihan motedo kontrasepsi jangka panjang, 2022. : 401-409 Human Care Journal

Hartanto H, 2010. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi (KB). Pustaka Sinar Harapan

Hidayatun N, R. P. (2020). KESEHATAN REPRODUKSI DAN KELUARGA BERENCANA - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/KESEHATAN_REPRODUKSI_DAN_KELUARGA_BERENC/LXMTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=akdr&pg=PA274&pri ntsec=frontcover

Indah Kurniawati, Wahyu fuji Hariani, Pembinaan KB dalam meningkatkan penggunaan motedo kontrasepsi jangka panjang pada WUS di desa Karangrejo, Kec. Blimbing, Banyuwangi. 2021. Jurnal Pengabdian masyarakat berkemajuuan.

Ida bagus M, 2014 Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan KB , EGC.

Laporan survei demografi dan Kesehatan Indonesia BKKBN , 2021. https://e-koren.bkkbn.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Laporan-SDKI-2021-WUS.pdf.

Modul Pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi dokter dan bidan di Faskes, 2021. Kememkes RI.

Peraturan Menkes no 27 tahun 2017 tentang pedoman PPI di Faskes, 2017. Kemenkes RI.

Peraturan Menteri Kesehatan nomor 21 tahun 2021 penyelenggaraan pelayanan kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan, dan masa sesudah persalinan, pelayanan kontrasepsi dan pelayanan kesehatan seksual.

Rahman, Z., Kunoli, F. J., & Amalinda, F. (2017). The Factors Related To TheApplication Of Contraception Method Of Women Operation (Mow). Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 153. https://doi.org/10.31934/promotif.v7i2.89.

Reki Lintang, Eny Sendra, Arika Indah S, Ira Titi Sari, 2022 Faktor Yang Berhubungan Dengan Kontrasepsi MOW. http : jurnal.globalhealthscincegroup.com/index.php/jppp.

Sekarpuri, A. D. dkk. (2021). PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA

BERENCANA - Google Books. Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/PENDIDIKAN_KEPENDUDUKAN_DAN _KELUARGA_BER/5D9ZEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=program+kb+di+indon esia&printsec=frontcover.

Sulistiyaningsih, S. H. (2017). Efektivitas Konseling KB terhadap Pengetahuan dan Sikap PUS dalam Pemilihan Kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD). Maternal, II(2), 82–91. https://ejurnal.stikesmhk.ac.id/.

Published
2024-04-08