Efektifitas Baby Swim dalam Perkembangan Motorik Kasar Bayi Usia 9 Bulan

  • yana eka mildiana stikes icme jombang
  • Henny Sulistyawati 1 ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang (Program Studi D III Kebidanan, Fakultas Vokasi, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang)

Abstract

Masa bayi merupakan tahapan dimana pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dan penting dimulai dari bayi lahir hingga berusia 1 tahun. Perkembangan membutuhkan stimulasi, karena perkembangan merupakan kemampuan dari fungsi dan struktur tubuh. Baby swim adalah salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk menstimulus pertumbuhan dan perkembangan bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas baby swim dalam peningkatan perkembangan motorik kasar bayi usia 9 bulan sampai 9 bulan 15 hari di Griya Sehat Mombykids Sambong Jombang. Jenis Penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan pendekatan non randomized pre and post test with control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah bayi yang berusia 9 bulan sampai 9 bulan 15 hari sejumlah 18 bayi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan KPSP perkembangan bayi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan univariat dan bivariat dengan uji chi square untuk mendapatkan nilai odds ratio. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh baby swim terhadap perkembangan motorik kasar bayi dihitung dengan menggunakan rumus nilai odds ratio dengan hasil 9 kali lebih besar untuk meningkatkan kemampuan berdiri menyangga berat badannya saat diangkat ketiaknya, 12 kali lebih besar untuk meningkatkan kemampuan duduk tanpa sandaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pemberian baby swim dalam meningkatkan motorik kasar bayi yaitu meningkatkan 12 kali dalam kemampuan duduk tanpa sandaran dan 9 kali dalam meningkatkan kemampuan berdiri menyangga berat badannya saat diangkat ketiaknya. Ibu diharapkan bisa melakukan stimulasi ketika sedang melakukan perawatan sehari-hari serta bidan sebaiknya memberikan penyuluhan tentang manfaat stimulasi baby swim pada bayi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depkes, R.I. (2013). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Ertiana, D., & Elga, Y (2021). Efektifitas Massage dan Baby Spa (Swim) terhadap Kesesuaian Perkembangan Bayi Usia 3 – 9 Bulan di BPM Zaenab di Dusun Sembung Desa Tungklur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Midwiferia Jurnal Kebidanan, 7 (2). Doi 10.21070/midwiferia.v7i2.1630, 20-38.

Galenia. (2014). Home Baby SPA. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kami, T., & Ini, T. J. (2018). Perbandingan Pertumbuhan Perkembangan Bayi Usia 4-12 Bulan antara yang Dilakukan Baby Massage dan Baby Spa di Keluarahan Purwokinanti Pakualaman Yogyakarta Tahun 2017. Jurnal Kesehatan, 6 (1). doi 10.35913/jk.v6i1.118, 18-33.

Pratyahara, dayu. (2013). The Miracel Touch For Your Baby. Jogjakarta: Javalitera.

Qoriesa, S. (2014). Hubungan Frekuensi Baby SPA dengan perkembangan bayi pada usia 4-6 bulan di klinik Baby SPA Ananda Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Unisayogya, 11 (1), 1-6.

Sekartini, Rini. (2013). Buku Pintar Bayi. Jakarta: Pustaka Bunda.

Soedjatmiko. (2016). Pentingnya Stimulasi Dini untuk Merangsang Perkembangan Bayi dan Balita Terutama Bayi Resiko Tinggi Vol. 8. Jakarta: Sari Pediatri.

Triani AP, V., Taufik H, S., & Nurul W, M. (2019). depkes, R. I. (2010). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Dep Kes RI. Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahas: School of Postgraduate. http://eprints.undip.ac.id/72407.

Udin & Firmaningtyas. (2012). Pengertian Baby Spa. Jakarta: Remika Cipta.

Widodo, A., & Afrina, D. N. (2013). Efetivitas Baby Spa Terhadap Lamanya Tidur Bayi Usia 3-4 Bulan. Jakarta: Pustaka Bunda.

Widodo, A., & Herawati, I. (2008). Efektifitas Massage Efflurage Terhadap Perkembangan Gross Motoric Pada Usia 3-4 Bulan. Semarang: Program Studi Fisioterapi UMS.

Wong, et al. (2019). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol. 1. Jakarta: EGC.

Wulandari, T. M. (2020). Hubungan Frekuensi Baby Spa Dengan Kualitas Tidur Bayi Usia 3-12 Bulan di BPM Ny.Farochah Kalami Desa Pulo Kecamatan Jombang Kabupaten jombang. Sentani Nursing Journal, 3 (2), 89-96.

Published
2024-04-08