HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN IBU DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA BATITA UMUR 1-3 TAHUN (Di Bpm Ny.Hj.Ni’mah Madzumi,S.St,M.M.Kes Desa Bawangan Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang)

  • Lusyta Puri Ardhiyanti Stikes Icme Cendekia Medikal Jombang

Abstract

Toilet training merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar. Keberhasilan dalam pengajara toilet training pada anak membutuhkan persiapan baik secara fisik, psikologis maupun secara intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan ibu dengan keberhasilan toilet training pada batita usia 1-3 tahun di BPM Ny. Hj Ni’mah Madzumi,S.St,M.Mkes Desa Bawangan Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian adalah ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling jenuh yaitu 30 orang. Uji Analisis yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan ibu dalam melakukan pengajaran toilet training pada anak, sebagian besar berhasil sebanyak 18 orang (60%), dan sebagian kecil gagal dalam melakukan pengajaran toilet training sebanyak 12 orang (40%). Hasil uji chi square diperoleh nilai r = 0,029. Hal ini bermakna ada hubungan yang signifikan antara pendidikan ibu dengan keberhasilan toilet training pada batita usia 1-3 tahun di BPM Ny. Hj Ni’mah Madzumi,S.St,M.Mkes Desa Bawangan Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Dengan tingkat keeratan 0,437. Untuk itu di sarankan bagi para orang tua yang mempunyai anak batita agar lebih mempersiapkan fisik dan mental anak, serta memiliki kesabaran dalam memberikan contoh dan dukungan agar anak dapat melakukan toilet training secara mandiri.  Kata kunci: pendidikan, toilet training

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lusyta Puri Ardhiyanti, Stikes Icme Cendekia Medikal Jombang
Dosen DIII Kebidanan

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Feisal, Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press

Herijulianti, Eliza. 2001. Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: EGC

Hidayat, Aziz Alimul A. 2010. Metode Penelitian Kebidanan & Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Hidayat, Aziz Alimul A. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Hidayat, Aziz Alimul A. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan 1. Jakarta: Salemba Medika

Nor. 2012. Memulai Toilet Training. Jawa Pos. 1 Desember.

Notoatmodjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Simatupang, Geovani. Toilet Training pada Anak. file: //bernardosimatupang.wordpress.com/2011/10/08/toilet-training-pada-anak/. 27 Nopember 2012

Suryanah. 1996. Keperawatan Anak Untuk Siswa SPK. Jakarta: EGC

Syifa, Ummu. Toilet Training. file: //umisyifa.wordpress.com/2009/04/21/toilet-training-2/. 27 Nopember 2012

Trainer, Suzie The. 2012. PAUD (Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Gramedia

Wong, Donna. L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC

Published
2015-03-01