KECEMASAN IBU HAMIL USIA RESIKO TINGGI DALAM MENGHADAPI KEHAMILANNYA (STUDI DI DESA TANON, KEC. PAPAR, KAB. KEDIRI)

  • Ratna Sari Dewi STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Pada ibu hamil usia <20 tahun belum memiliki kesiapan fisik maupun psikologis sehingga mudah mengalami cemas dan kecemasan akan meningkat pada usia >35 tahun karena keadaan fisik ibu hamil sudah tidak bugar lagi. Dari studi pendahuluan di Desa Tanon Kec. Papar Kab. Kediri pada tanggal 21 April 2015. Dari 7 ibu hamil dengan usia resiko tinggi didapatkan 5 dari mereka mengatakan perasaannya sering cemas, dan 2 ibu hamil lainnya mengatakan dapat menjalani kehamilannya dengan normal. Tujuan penelitian ini mengetahui kecemasan ibu hamil usia resiko tinggi dalam menghadapi kehamilannya di Desa Tanon Kec. Papar Kab. Kediri. Desain penelitian ini adalah Deskriptif survey. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil usia resiko tinggi dalam menghadapi kehamilannya di Tanon Kec. Papar Kab. Kediri sebanyak 23 responden. Sampel semua populasi 23 responden dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kecemasan ibu hamil usia resiko tinggi dalam menghadapi kehamilannya, instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner DASS, pengolahan data dengan editing, coding, scoring, tabulating. Berdasarkan hasil penelitian pada 23 responden didapatkan sebagian kecil normal sebanyak 5 responden (22%), sebagian kecil mengalami kecemasan ringan sebanyak 5 responden (22%), sebagian besar mengalami kecemasan sedang sebanyak 12 responden (52%), sebagian kecil mengalami kecemasan berat sebanyak 1 responden (4%). Kesimpulan penelitian Kecemasan Ibu Hamil Usia Resiko Tinggi Dalam Menghadapi Kehamilannya di Desa Tanon Kec. Papar Kab. Kediri. sebagian besar mengalami kecemasan sedang. Kata Kunci : Kecemasan Ibu Hamil, Usia Resiko Tinggi, Kehamilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimul, A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan &Tehnik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta

Awar, S. 2007. Metode Penelitian.Yokyakarta : Pustaka Pelajar

Hawari, D. 2013. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Fakultas Kedikteran Universitas Indonesia

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2010. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Jakarta : Mitra Pelajar Swadaya

Manuaba, Ida Bagus Gede. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan.Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, Soekitdjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Nuswantari, D. 2010. Kamus Kedokteran Dorlan Ediso 30. Jakarta: EGC

Prawiroharjo, S. 2012. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Ruswana. 2006. Ibu Hamil Resiko Tinggi. Available at: http://medicastire.com/penyakit/569/kehamilan resiko tinggi.html

Stuart, G. 3013. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC

Saleh, A. 2014. Beresiko Hamil di Usia 35 Tahun Keatas. Available at http://www.SuaraMerdeka.com/harian /0303/10/ragam2.htm

Wangmuba. 2009. Penelitian Kecemasan. Diunduh dari: http://wangmuba.com/2009/02/13/pengertian-kecemasan/ (diakses 20 Februari 2015)

Published
2016-06-15