HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU DALAM PELAKSANAAN SENAM HAMIL (Studi Di Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang)

  • Hidayatun Nufus STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Siti Shobihatun Ni’mah STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Senam hamil bukan merupakan hal yang baru di Indonesia, akan tetapi banyak ibu hamil yang minatnya untuk melakukan senam hamil masih sangat rendah, padahal jika ibu melakukan senam hamil akan ada banyak manfaat yang akan diperoleh untuk kehamilan bahkan persalinan. Hasil wawancara pada 10 ibu hamil didapatkan 6 Ibu hamil tidak melakukan senam hamil dikarenakan takut, kurang percaya diri, tidak mengetahui tentang senam hamil dan 4 Ibu hamil sudah melakukan senam hamil karena memahami pentingnya pelaksanaan senam hamil. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis hubungan motivasi dengan perilaku dalam pelaksanaan senam hamil di Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi peneletian adalah semua ibu hamil usia kehamilan ≥ 20 minggu sejumlah 60 orang. Sampel penelitian sejumlah 30 responden diambil secara purposive sampling. Variabel independent adalah motivasi dalam pelaksanaan senam hamil dan variebel dependent adalah perilaku dalam pelaksanaan senam hamil. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan Editing, Scoring, Coding, Tabulating dan uji statistik Spearman Rank. Hasil penelitian tentang motivasi dalam pelaksanaan senam hamil menunjukkan sebagian besar responden mempunyai motivasi kuat sejumlah 18 responden (60%), motivasi sedang sejumlah 9 responden (30%), motivasi lemah sejumlah 3 responden (10%), sedangkan perilaku dalam pelaksanakan senam hamil sebagian besar responden mempunyai perilaku positif sejumlah 20 responden (67%), perilaku negatif sejumlah 10 responden (33%). Uji statistik Spearman Rank menunjukkan bahwa nilai signifikasi p = 0,016 < α (0,05), sehingga H1 diterima. Kesimpulannya ada hubungan motivasi dengan perilaku dalam pelaksanaan senam hamil di Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Kata Kunci : Motivasi, Perilaku, Senam Hamil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Bandiyah. 2009. Lanjut Usia dan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta : Nuha Medika

Lukman, H. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan. [Online]Available at: http://forbetterhealth.wordpress.com [Accessed 23 February 2015]

Mubarak, W, I,, dkk. 2007. Promosi Kesehatan, Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Mubarak, W.I. 2012, Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan, Salemba Medika, Jakarta.

Mubarak. 2011. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Norwitz, Errol R., Schorge, John O. 2007. At A Glance Obstetri dan Ginekologi Edisi Kedua. Alih Bahasa : P. , Diba Artsiyanti E. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Notoatmodjo, S. 2007. Perilaku Kesehatan Dan Ilmu Perilaku, Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan Ed. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusmi, W. 2008. Teori Motivasi. Pt Graha Laka Offset : Jakarta.

Sobur, A. 2009. Perilaku Manusia. Alfabeta: Bandung.

Sofian, Amru. 2011. Sinopsis Obstetri : Obstetri Operatif, Obstetri Sosial. Jakarta: EGC.

Tiran. 2009. Kehamilan Dan Permasalahannya. Jakarta : EGC.

Wawan, A dan M. D. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Widianti, Anggriyana Tri dan Atikah Proverawati. 2010. Senam Kesehatan, Yogyakarta : Nuha Medika.

Published
2016-10-07