HUBUNGAN PENGETAHUAN SEKSUAL DENGAN SIKAP REMAJA DAN PERILAKU SEKS PRANIKAH DI SMA NEGERI 3 JOMBANG JAWA TIMUR

  • Irma Nurmayanti STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Remaja Indonesia dewasa ini nampak lebih bertoleransi terhadap gaya hidup seksual pranikah. Kasus mengenai perilaku seksual pada remaja dari waktu ke waktu semakin mengkhawatirkan. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar remaja tidak mengetahui dampak dari perilaku seksual yang mereka lakukan. Padahal dengan pengetahuan seksualitas dapat menjadikan individu memiliki sikap dan tingkah laku seksual yang sehat dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan seksual dengan sikap remaja dan perilaku seks pranikah. Tujuan dari penelitia ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan seksual dengan sikap remaja dan perilaku seks pranikah di SMA Negeri 3 Jombang Jawa Timur. Penelitian dilakukan melalui suatu instrumen survei yang mengandung pertanyaan mengenai pengetahuan seksual dan sikap remaja terhadap perilaku seks pranikah. Subjek penelitian berjumlah 86 siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Jombang. Hasil survei dianalisis secara statistik dengan menggunakan prosedur korelasi Rank-Spearman. Hasil penelitian yang utama adalah pengetahuan seksual dan sikap remaja terhadap perilaku seks pranikah mempunyai hubungan yang bermakna (r = 0,532; p< 0,01).Disimpulkan bahwa hubungan pengetahuan dan sikap terhadap perilaku seks pranikah cukup jelas sehingga pemberian informasi yang meningkatkan pengetahuan seks yang baik dapat membentuk sikap yang positif yang dapat mendorong siswa untuk mengendalikan perilakunya dalam aktivitas seksual yang sehat dan terhindar dari perilaku seks pranikah. Terbukti bahwa ada hubungan antara pengetahuan seksual dengan sikap remaja dan perilaku seks pranikah di SMA Negeri 3 Jombang. Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Seks Pranikah, Remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimul H, Aziz. 2003. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Ed.1. Jakarta: Salemba Medika.

Alimul H, Aziz. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Azwar, 2007, Sikap Manusia, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Azwar, A. 2004. PengantarAdministrasiKesehatan. Jakarta : PT BinarupaAksara.

Budiarto. 2002. Biostatistika. Jakarta : EGC.

Dhe de. 2002. Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja. http://www.e-psikologi.com/remaja/030602.html . Diakses pada 16 Juni 2016.

Luthfie, R. E. 2002. Fenomena Perilaku Seksual Pada Remaja. http://www.bkkbn.90.id/hqweb/ceria/ma46seksualitas.html . Diakses pada 16 Juni 2016.

Magdalena, C. 2000. Perilaku Seksual Wabal Ditinjau Dari Efektivitas Komunikasi Orang Tua-Anak Dan Locus Of Control. Kognisi Vol 4, No 1. Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mu’tadin, Z. 2002. Perkembangan Moral. http://www.e-psiko-logi.com/lain-lain/penulis. Diakses pada 16 Juni 2016.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan Ed. 2. Jakarta : Salemba Medika.

Saifuddin, A. 2007. Sikap Manusia.Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wahyudi, K. 2000. Kesehatan Reproduksi Remaja. Jogjakarta : Lab Ilmu Kedokteran Jiwa FK UGM.

Yuwono, S. 2001. Kesehatan Reproduksi Dan Keberagaman Solusi Masalah Perilaku Seksual Pranikah Remaja Kognisi Vol 1, No 5. Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published
2016-10-07