HUBUNGAN DUKUNGAN ISTRI DENGAN PARTISIPASI SUAMI DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi di Dusun Pulo Tawangsari Desa Pulo Lor Kecamatan JombangKabupaten Jombang)

  • Ceria Bintarayani STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • M. Kharisto STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Siti Shofiyah STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Partisipasi pria terutama dalam pelaksanaan program keluarga berencana hingga saat ini belum memuaskan.Salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi pria dalam pelaksanaan program keluarga berencana adalah dukungan dari istri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan istri dengan partisipasi suami dalam program keluarga berencana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik, dan rancangan penelitiannya menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasangan usia subur di Dusun Pulo Tawangsari Desa Pulo Lor Jombang berjumlah 168 orang dan sampelnya adalah sebagian dari mereka yang berjumlah 118 orang. Tekhnik sampling yang digunakan adalah proportional sampling to size.Variabel independen dalam penelitian ini adalah dukungan istri dalam penggunaan kontrasepsi oleh suami dan partisipasi suami dalam program KB sebagai variabel dependent.Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisa data yang dilakukan adalah editing, coding, scoring dan tabutating dengan uji statistic spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya dari responden mendapatkan dukungan yang lemah dari istrinya yaitu sebanyak 103  responden (87,3%), dukungan sedang sebanyak 11 responden (9,3%) dan dukungan kuat 4 responden (4,2%).  Dan dari total 118 responden hampir seluruhnya yaitu 103 responden (87,3%) tidak berpartisipasi dan hanya 15 responden (12,7%) yang berpartisipasi dalam program KB. Berdasarkan analisis menggunakan uji statistik spearman rank menggunakan SPSS pada taraf kesalahan 5% didapatkan bahwa < 0,05 maka H1 diterima yang artinya ada hubungan dukungan istri dengan partisipasi suami dalam program KB. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan istri dengan partisipasi suami dalam program keluarga berencana. Kata Kunci : Dukungan Istri, Partsipasi Suami, Keluarga Berencana

Downloads

Download data is not yet available.

References

BKKBN. 2009. Panduan Pelayanan Vasektomi Tanpa Pisau. Jakarta. Tidak diterbitkan (Diakses Pada tanggal 20 Februari 2016 Jam 21.20 WIB).

BKKBN. 2014. Buku Acuan Pelayanan Kontrasepsi dan Keluarga Berencana. Jakarta: YBPSP.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Konsep Dan penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Purwanti, Henny.2011. Upaya Peningkatan Partisipasi Pria Dalam Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi Sebagai Wujud Kesetaraan Gender, Jurnal Argumentum, VOL 10 (2):153-169.

Sarafino, Edward P. 2006. Health Psycology Biophychosocial Interactions. Fift Edition. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Sirait, Reni A. 2012. Pengaruh sosial budaya dan dukungan istri terhadap patisipasi anggota Polri dalam ber-KB di Polres Kabupaten Serdang Begadai (Diakses pada tanggal 10 Februari 2016 jam 23.55 WIB)

Published
2016-10-07