HUBUNGAN PERUBAHAN PADA KULIT DAN TINGKAT KECEMASAN IBU DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN KULIT SAAT MENOPAUSE DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG

  • Wita Wita STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Lilis Suryawati STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Henny Sulistyawati STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Perubahan kulit adalah perubahan yang di sebabkan hormon estrogen yang menurun seiring bertambahnya usia, kulit menjadi keriput, kering dan tidak elastis lagi, Walaupun bukan suatu penyakit, peristiwa ini mempunyai dampak dalam kehidupan wanita terutama bagi wanita yang banyak aktivitas di luarrumah, sehingga dapat dirasakan sebagai suatu gangguan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hubungan anatara perubahan pada kulit dan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi perubahan kulit saat menopause di Desa Kedawung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Metode penelitian ini menggunakan Analitik penelitian ini di lakukan di Desa Kedawung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang populasinya yaitu wanita menopause sebanyak 191 responden menggunakan tehnik simple rendom samping, sampelnya sebagianibu menopause berjumlah 38 orang, dengan alat ukur yaitu lembar observasi dan kuesioner dengan pengolahan data dilakukan dengan editing, coding, scoring, tabulating, pendekatan Cross Sctional. Dari hasil penelitian dari 38 responden, Sebagian besar ibu menopause mengalami perubahan kulit saat menopause yaitu (71,1) dan ibu yang mengalami tingkat kecemasan ringan (28,9) dan sedang karena perubahan kulit yaitu (55,3). Berdasarkan uji stastistik menggunakan spearman rank dengan taraf kesukaran 0,05 sedangkan ρ=0,005 maka H1 diterima. Ada hubungan antaraperubahan pada kulit dan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi perubahan kuli tsaat menopause di Desa Kedawung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Kata Kunci: Perubahan Kulit, Tingkat Kecemasan, Menopause.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina, S. 2009. BeberapaFaktor yang Mempengaruhi Usia Menopause padaWanita di Kelurahan Titi Papan Kota Medan Tahun 2009. Skripsi. Medan : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Alimul. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik analisa Data. Jakarta : Salemba Medika.

Arikunto. 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : RinekaCipta.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Palupi, S. 2006. Islam dan Menopause, Urgensitas bimbingan dan Konseling Islam bagi Persoalan Psikologis Wanita Menopause. Yogyakarta.

Potter A. patricia dan Anne G. Perry. 2010 Fundamental Keperawatan Buku 1 Edisi 7. Penerbit Salemba Medika.

Prawirohardjo,S. 2007. Ilmu kandungan. Cetakan 1.Edisi3. Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Saipul A, 2007. Waspadai Penyakit Reproduksi Anda. Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Sarwono, Prawiroharjo,. 2006. Ilmu Kandungan, Cetakan ke-4. Jakarta : PT Gramedia.

Sastrawinata, S. 2007. Wanitadalam Berbagai Masa Kehidupan. dalam: Wiknjosastro, H, ed. Ilmu Kandungan Edisi 2. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Soewondo, 2007.Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI

Suliswati, dkk. 2005. Konsep keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta.

Published
2016-10-07