MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS (STUDI DI PUSKESMAS GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG)
Abstract
Pendahuluan: Kesadaran masyarakat akan kesehatan mengakibatkan tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan.Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan setiap pasien. Ketidakpuasan pasien timbul karena terjadi kesenjangan antara harapan pasien dengan kinerja layanan kesehatan yang dirasakan sewaktu menggunakan layanan kesehatan.Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan pasien rawat jalan peserta BPJS. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survey analitic. Sedangkan rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Populasi diambil dari seluruh pasien rawat jalan pengguna BPJS di Puskesmas Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang diambil rata-rata dari 6 bulan sejumlah 1.038 responden. Sampel dari penelitian ini berjumlah 104 responden. Variabel independent yaitu mutu pelayanan kesehatan, dan variable dependent yaitu kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Data kemudian dianalisa uji statistic korelasi spearman dengan nilai r = 0,000 < α = 0,05.Hasil penelitian ini adalah hampir seluruh responden menilai mutu pelayanan kesehatan baik (90,4%) cukup baik (9,6%) dan kepuasan pasien BPJS puas (84,6%) yang tidak puas (15,4%).Hasil Penelitian: Hasil uji statistik korelasi spearman (r = 0,000 < α= 0,05) sehingga Ha diterima.Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS. Kata Kunci : BPJS, Kepuasan, Mutu PelayananDownloads
References
Adawiyah, Lailatul M. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di RSI Sakinah Kabupaten Mojokerto. Skripsi. ICME Jombang.
Angela, Ajeng. 2012. Total Quality Management. Yogyakarta: Nuha Medika
Arikunto, Suharsini. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiastuti. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan. http://www.scribd.com. Diakses 08/03/2014.
Joeharno. 2008. Service, Quality, and Statisfaction. Yogyakarta: Andi Ofsset.
Nasir, A, dkk. 2011. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, 2010. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Surabaya: Salemba Medika.
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Soesanto, Wibisono. 2009. Biostatistik Penelitian Kesehatan Biostatistik dengan Komputer (SPSS 16 for Windows). Surabaya: Dua Tujuh.
Sunyoto, Danang dan Setiawan, Ari. 2011. Statistik Kesehatan, Paramatrik, Non Paramatrik, Validitas, dan Reliabilitas. Nuha Medika: Yogyakarta.
Ulinuha. 2014. Kepuasan Pasien BPJS. www.lppm.dibus.ac.id tanggal 10 Oktober 2014.
Copyright (c) 2017 Pipit Mei Candra, Pastria Sandra Dewi, Siti Shofiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.