PENGARUH MOTHER SPA DALAM MENGURANGI KELUHAN SELAMA KEHAMILAN TRIMESTER III (STUDI DI PRAKTIK BIDAN MANDIRI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAYANGAN KABUPATEN JOMBANG)

  • Nining Mustika Ningrum

Abstract

Pendahuluan: Kehamilan sering mengalami perubahan baik fisik maupun psikologis yang menimbulkan berbagai keluhan bagi ibu hamil diantaranya adalah mual, muntah pada awal kehamilan, kontipasi, gangguan berkemih, pembekakan pada tungkai dan kaki, kram kaki serta nyeri punggung (Varney, 2007). Keluhan selama kehamilan ini adalah gangguan yang umum terjadi, dan ibu hamil mungkin pernah mengalaminya dikehamilan yang lalu. Keluhan selama kehamilan ini sangat sering terjadi dalam kehamilan atau bahkan dapat dikatakan selalu terjadi selama kehamilan terutama pada kehamilan trimester III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mother Spa dalam mengurangi keluhan selama kehamilan Trimester III. Metode Penelitian: Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pretest and post-test design dengan melakukan perlakuan pada subjek penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian ibu hamil Trimester III yang mengalami keluhan selama kehamilan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu Mother Spa dan keluhan selama kehamilan Trimseter III. Data dikumpulkan dengan menggunakan checklist dan Kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji statistik “Wilcoxon” dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keluhan ibu hamil Trimester III sebelum dilakukan Massage/spa sebagian besar adalah keluhan tingkat sedang yaitu sebesar 60% dan Keluhan ibu hamil Trimester III setelah dilakukan massage/spa adalah hampir seluruhnya memiliki keluhan tingkat ringan yaitu sebesar 80%. Hasil uji, ρ = 0,001. Diperoleh ρ < α atau 0,001 < 0,05 artinya ada pengaruh Mother Spa dalam mengurangi keluhan selama kehamilan trimester III.Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikant melakukan Mother Spa dalam mengurangi keluhan selama kehamilan trimester III. Saran: Disarankan kepada bidan untuk memasukkan materi dan praktek Mother Spa pada saat kelas ibu hamil untuk mengurangi keluhan selama kehamilan Trimester III serta menganjurkan ibu hamil yang memiliki keluhan selama kehamilan untuk melakukan massage/spa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BKKBN. 2011. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontraspsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiharjo

Elizabeth, Robson, Jason Wough. 2012. Patologi Pada Kehamilan Managemen dan Asuhan Kebidanan. Jakarta: EGC

Kementrian Kesehatan. 2013. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Esensial. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Kementrian kesehatan. 2013. Panduan ANC Terpadu. http:/www.kesehatan ibu.go.id. Di akses tanggal 18 Febuari 2017.

Manuaba. 2010. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Dan KB. Jakarta:EGC

Medforth, janet. 2012. Kebidanan Oxford Dari Bidan Untuk Bidan. Jakarta: EGC

Muslihatun, Wafi N. 2010. Asuhan Neonatus Bayi Dan Balita. Yogyakarta: Fitramaya

Padila. 2014. Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika

Ratih. 2013. Asuhan Kebidanan dengan Nyeri Punggung. (http://www Stikesmuhla.ac.id) pdf. di akses pada tanggal 20 Januari 2017.

Saminem. 2010. Dokumentasi Asuhan Kebidanan Konsep & Praktek. Jakarta: ECG

Sarwono, Prawiharjo. 2009. Buku Acuan Neonatal Pelayanan Kesehatan Maternatal dan Neonatal. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawiharjo

Sulistyawati, Ari. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika

Sulistyawati, Ari. 2009. Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas. Yogyakarta: Andi

Sulistyawati, Ari. 2013. Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin. Jakarta: Salemba Medika

Varney, Helen. 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta: EGC

Walyani, Elisabeth. 2014. Asuhan Kebidanan Kegawatan Daruratan Maternal dan Neonatal. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Yu , W.S. 2010. Kesehatan fisik dalam mempersiapkan kehamilan (http://www.kompas.com) di akses pada tanggal 20 Januari 2017.

Published
2018-12-09
Section
Jurnal Kebidanan Volume 16 No. 1