PENGARUH PEMBERIAN MASSAGE TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN PADA BALITA USIA 3-5 TAHUN (Studi Di Desa Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri)

  • Anggra Sari
  • Hidayatun Nufus
  • Irma Nurmayanti

Abstract

Tercapainya pertumbuhan yang optimal merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal (Sulistyawati, 2015, 45). Rangsangan atau stimulasi berupa terapi sentuh dan massage akan mempengaruhi peningkatan berat badan. Studi pendahuluan di Desa Blaru peneliti wawancarai 10 ibu balita  didapatkan 8/10 (80%) ibu melakukan pemijatan waktu anaknya sakit, 2/10 (20%) melakukan pemijatan anaknya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Pemberian Massage Terhadap Peningkatan Berat Badan Pada Balita Usia 3-5 Tahun di Desa Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Jawa Timur. Desain penelitian menggunakan pra-ekprerimental one group-test pra-post test design. Populasinya adalah seluruh balita berusia 3-5 tahun di Desa Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri sebanyak 60 balita dan sampelnya sejumlah 30 balita. Tekhnik sampling dengan simple random sampling. Variabel independen penelitian ini pemberian massage dan variabel dependen  peningkatan berat badan balita usia  3-5 tahun. Instrumen penelitian menggunakan SOP dan timbangan berat badan. Analisa datanyan menggunakan uji paried t-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata berat badan balita sebelum di massage 15.01 kg, berat badan terendah 11,7 kg dan berat badan tertinggi adalah 17,2 kg. Sesudah di massage rata-rata berat badan balita adalah 15,13 kg, berat badan terendah adalah 11.8 kg dan berat badan tertinggi adalah 17,3 kg. Hasil uji statistik paried T-test dengan tingkat kesalahan α : 0,05 menunjukan nilai signifikan p (value) 0,00 < α (0,05), artinya H1 diterima. Kesimpulannya ada pengaruh pemberian massage terhadap peningkatan berat badan pada balita usia 3-5 di Desa Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AIPKIND., 2014. Buku Kesehatan Ibu Dan Anak, AIPKIND : Jawa Timur

Chomaria, N., 2015. Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun, Cinta : Surakarta

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri., 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Kediri

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur., 2014. Profil Kesehatan Jawa Timur

Faizah, M., 2016. The Provition Of Massage

On Sleep Quality Of Preschool Children

Kementrian Kesehatan RI., 2014. Buku Kesehtan Ibu Dan Aank. Jawa Timur: AIPKIND.

Kementrian Kesehatan RI., 2015. Profil Data Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Nursalam., 2011. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Salemba Medika. Jakarta.

Prasetiyo., 2013. Teknik – teknik tepat memijat bayi sendiri panduan lengkap dan uraian kemanfaatanya. Jogjakarta: Diva press

Rahmi, Y., 2012. Pengaruh Terapi Pijat Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi Prematur di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Progam Studi Ilmu Keperawatan Universitas Andalas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Indonesia

Roesli, U., 2016. Pedoman Pijat Bayi. PT.Trubus Agriwidya, Jakarta

Sulistyawati, A.., 2015. Deteksi Tumbuh Kembang Anak, Salemba Medika :

(3-6) Year Old, Stikes ICMe, Jombang Indonesia.

Jakarta

Published
2018-12-09
Section
Jurnal Kebidanan Volume 16 No. 1