HUBUNGAN SKOR SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR UJIAN TAHAP II

  • Eko Sari Ajiningtyas

Abstract

Pendidikan Tenaga Kesehatan (Diknakes) bertujuan menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional yang memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri, mampu mengembangkan diri dan beretika. Berdasarkan pengamatan kasar dari hasil ujian akhir semester dari masing-masing semester yang mendapat rangking 3 besar bukan yang mendapat rangking tinggi dalam seleksi sipenmaru, begitu pula sebaliknya saat sipenmaru mendapatkan rangking rendah belum tentu prestasi belajar juga rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan Skor Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ujian Tahap II.Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan desain penelitian cross seksional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V tahun akademik 2015/2016, sebanyak 39 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah data dari BAAK dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda.Hasil penelitian ini diketahui hampir separuh dari responden mempunyai skor sipenmaru yang tinggi, yaitu sebanyak 43,6%, sebagian besar dari responden mempunyai motivasi belajar yang tinggi, yaitu sebanyak 71,8 % dan hampir seluruh responden mempunyai tingkat prestasi belajar ujian tahap II baik, yaitu sebanyak 97,4%. kontribusi secara bersama antara variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 48,6%.Hasil penelitian dapat disimpulkan secara bersama-sama skor sipenmaru dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar ujian tahap II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Cetakan 10 : hal 787.

FKPKK. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Ujian Tahap I, II, dan III. Surabaya. Jawa Timur

Ghozali I. 2008. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

KeMenKes RI, Badan PPSDM Kesehatan, Pusdiknakes. 2010. Standar Penilaian Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta

Kep.Men.Kes.R.I, No. HK 00.06.2.4.1583, 2002 Tentang Kurikulum Pendidikan Diploma III Kebidanan. Jakarta

Pusdiknakes. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Tenaga Kesehatan Tahun Akademik 2011/2012. Jakarta

Sardiman A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV Rajawali

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suswarti, I, 2009, Korelasi antara Nilai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas

Uno,Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara

Waluyo, S.J, 2013. Hubungan Antara Hasil Seleksi Mahasiswa Baru (Sipenmaru), Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Sistem Integumen di Akademi Keperawatan PPNI Surakarta

Published
2019-01-31
Section
Jurnal Kebidanan Vol 15 No. 1