Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Materi Senam Nifas pada Mahasiswa D-III Kebidanan Semester II

  • Isnina Isnina

Abstract

Metode pembelajaran merupakan landasan praktik pembelajaran hasil penurunan teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional dikelas (Suprijono, 2011). metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar materi senam nifas karena dari permasalahan diatas penggunaan metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah yang cenderung kurang memberikan pengalaman belajar yang optimal kepada peserta didik. peneliti ingin mengidentifikasikan adakah Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar materi senam nifas pada Mahasiswa DIII Kebidanan semester II STIKES Dian Husada Mojokerto. Dalam penelitian ini menggunakan desain Experimen, dengan rancangan Quasy Experimen dengan kelompok eksperimental dan kelompok kontrol dengan post test only control group desain. Dari 18 responden dengan metode pembelajaran tutor teman sebaya hasil belajar senam nifas sebesar 16,67% terkategori Baik, sebanyak 83,3% terkategori amat baik. Dari 18 responden dengan metode pembelajaran tanpa tutor teman sebaya hasil belajar senam nifas sebesar 11,11% terkategori Cukup, sebanyak 77,78% terkategori baik. Terdapat pengaruh pembelajaran metode tutor sebaya terhadap hasil belajar senam nifas mahasiswa semester II program studi D-III Kebidanan Dian Husada Mojokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakti Husada Rencana Pengembangan Tenaga Kesehatan. Rencana Pengembangan Tenaga Kesehatan 2011.

Badan PPSDM. Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Maryam S. Peran Bidan yang Kompeten terhadap suksesnya MDG,s Jakarta: Salemba Medika; 2012. 35-7.

Kartini F. Pengisian Partograf di Bidan Praktik Swasta. Media ilmu Kesehatan. 2013; 2(1) :10-5

Yulia D.W. Hubungan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa tentang Partograf dengan Praktik Pengisian Partograf pada Mahasiswa DIV bidan pendidikan semester IV di STIKes Aisyiyah Yogyakarta.2014

WHO. Strengthening Midwifery Toolkit : Module 4 Midwifery Practice. 2011

Mulati T, Rejeki AS. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi dengan Latihan (drill) terhadap penerapan pengisian partograf pada Mahasiswa DIII Kebidanan. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 2014; 1 (1).

Muslich. M. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung : PT Refika Aditama.2011;(1):33-50,98.

Nancy M, Tofil. Use of Simulation to Enhance Learning in a Pediatric Elective. American Journal Of Pharmaceutical Education 2010.

Azwar.S. Sikap Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar; 2013

Koponen J. Comparing three experiential learning methods and their effect on medical student's attitudes to learning communication skill. Medical Teacher.2012;34.e198-e207.

Bray Bs, Schwartz Cr, Odegard Ps, Hammer Dp, Seybert Al. Assessment of human patient simulation-based learning. American journal of pharmaceutical education. 2011; 75 (10):208.

Marzuki I. Pengaruh Metode Simulasi terhadap Motivasi dan Hasil belajar siswa. Jurnal ilmiah IKIP Mataram. 2015;2(1).

Akaike M, Nagamune M, Fujimoto A, Tsuji A. Simulation based medical education in clinicall skill laboratory. The Journal of Medical Investigation.2012;(1,2)59

Murphy S,Hartigan I,Walshe N,Flynn A.V,O’Brien.Merging Problem Based Learning and Simulation as Innovative Pedagogy in Nurse Education. Ireland: University College Cork; Catherine McAuley School pf Nursing and Midwifery.Elseiver;2010

Published
2019-04-11
Section
Jurnal Kebidanan Vol. 17