Gambaran Pengetahuan Remaja Putri tentang Aborsi
Abstract
Aborsi merupakan berhentinya kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu. World Health Organization (WHO, 2011) memperkirakan ada 20 juta kejadian aborsi tidak aman (unsafe abortion) di dunia, 9,5% (19 dari 20 juta tindakan aborsi tidak aman) diantaranya terjadi di negara berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Aborsi di SMA Negeri 3 Binjai Tahun 2021 berdasarkan pengetahuan, sumber informasi, kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan populasi sebanyak 79 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling dan instrumen penelitian dengan lembar kuesioner. Kemudian dilakukan pengolahan data dengan metode editing, coding, tabulating dan scoring. Hasil penelitian diperoleh data, berdasarkan pengetahuan mayoritas berpengetahuan kurang sebanyak 36 responden (45,6%), berdasarkan sumber informasi mayoritas berpengetahuan kurang memperoleh informasi dari media cetak sebanyak 19 responden (24%), berdasarkan kegiatan ekstrakurikuler mayoritas berpengetahuan kurang yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 20 responden (25,4%). Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pengetahuan, sumber informasi, dan kegiatan ekstrakulikuler mayoritas berpengetahuan kurang. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk memberikan penyuluhan tentang aborsi. Kepada remaja putri diharapkan supaya lebih mencari informasi tentang aborsi agar dapat mengetahui dan tidak melakukan aborsi.Downloads
References
Damayanti, I. P., Maita, L., & Triana, A. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ibu Bersalin dan Bayi Baru Lahir: In Deepublish. 2015.
Dewi EE, Z. U. Buku Ajar Ilmu Kesehatan (Memahami Gejala, Tanda dan Mitos). In Animal Genetics. 2019;39(5).
Enggar, Aniek Setyo, A. V. P. (2019). BUKU AJAR ASUHAN KEHAMILAN. In Journal of Chemical Information and Modeling. 2019;53(9).
Erniawati, Asriany, Lisdayanti, Sumarni, Jusni, & Kamaruddin, M. GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ABORTUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LASEPANG KABUPATEN BANTAENG. Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan. 2021; 2(2). https://doi.org/10.31970/ma.v2i2.58
Fatkhiyah, N., Masturoh, M., & Atmoko, D. Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Abdimas Mahakam. 2020; 4(1). https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.776
Kamariyah, N., Anggasari, Y., & Muflihah, S. Buku Ajar Kehamilan. In Salemba Medika. 2014.
Lisnawati, L., Milla, M. N., & Pelupessy, D. C. Urgensi Perubahan Kebijakan Aborsi di Indonesia. Deviance: Jurnal Kriminologi, 2019;3(1).
Mubarak, W. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika. 2011.
Notoatmodjo Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. In Rineka Cipta. 2018.
Nugroho, T. Buku Ajar Askeb 1 Kehamilan. In Yogyakarta : Nuha Medika. 2019;8(33).
Priatiningrum, A. C., & Elsanti, D. Perbedaan Self Tapping Dan Senam Dismenore Terhadap Perubahan Tingkat Dismenore Primer Pada Mahasiswi Putri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September. 2020.
Sampe, M. Gambaran Angka Kejadian Anemia Kehamilan Pada Kunjungan Pertama Berdasarkan Umur, Gravid, Paritas, Dan Riwayat Abortus Di Puskesmas Makale Pada Bulan Februari, Maret, Dan April Tahun 2017. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 2019;2(2). https://doi.org/10.31934/mppki.v2i2.566
Sugiyono, P. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta. 2015.
Susilo, D. H. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Deteksi Dini Tanda Bahaya Kehamilan. Journal Ibrahamy, 2017;IV(I).
Wahyuntari, E., Listyaningrum, T., & Istiyati, S. Buku ajar kehamilan dan maternal. In Journal of Materials Processing Technology. 2018;1(1).
Yayan Inriyani, Wahjoedi, S. Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar ips melalui motivasi belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2017;2(7).
Copyright (c) 2022 Nurhafni Nurhafni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.