Upaya Peningkatan Produksi ASI melalui Pijat Woolwich dan Massage Rolling pada Ibu Nifas 1 Minggu Post Partum

  • Nurlia Isti Malatuzzulfa STIKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Lusianah Meinawati
  • Hidayatun Nufus

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan pemberian ASI eksklusif adalah rendahnya tingkat kepercayaan ibu bahwa produksi ASI ibunya tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya. Upaya yang dapat dilakukan untuk merangsang hormon prolaktin dan oksitosin dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu nifas 1 minggu post partum yaitu dengan memberikan pijat Woolwich dan Massage rolling dalam keadaan santai. Tujuan menganalisis kombinasi metode pijat Woolwich dan Massage Rolling untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu nifas 1 minggu post partum. Desain penelitian quasi eksperimental design. Pada penelitian ini dua kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan memberikan pijat Woolwich dan kelompok lain diberikan perlakuan massage rolling. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas 1 minggu post partum di Wilayah Kerja Bidan Lilis Suryawati Kabupaten Jombang. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode consecutive sampling jumlah sampel sebanyak 30 responden dengan perbandingan 1:1 dimana 15 ibu nifas sebagai kelompok pijat Woolwich, dan 15 kelompok diberikan massage rolling. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon di dapatkan p-Value 0,000 dan 0,004. Dari nilai p-Value yaitu 0,000 (<0,005) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kedua metode pijat Woolwich dan massage rolling terhadap peningkatan produksi ASI. Pemberian kombinasi pijat Woolwich dengan Massage rolling lebih efektif meningkatkan produksi ASI. Bidan mengajarkan kepada ibu dan keluarga untuk meningkatkan produksi ASI sehingga cakupan pemberian ASI eksklusif dicapai di bidang Pusat Kesehatan Penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. (2019). Cakupan Pemberian ASI Eksklusif Propinsi Jawa Timur 2019. Jombang : Dinkes Jombang.

Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. (2020). Cakupan Pemberian ASI Eksklusif Propinsi Jawa Timur 2020. Jombang : Dinkes Jombang.

Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. (2021). Cakupan Pemberian ASI Eksklusif Propinsi Jawa Timur 2021. Jombang : Dinkes Jombang.

Kementerian Kesehatan R.I. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan R.I.

Rahmania, dkk. (2018). Efektifitas Massage Rolling (punggung) terhadap produksi ASI pada Ibu Post Sectio Caesaria di RS Ibu & Anak Kabupaten Jombang. J Keperawatan.

Roesli U. (2012). Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda.

Roesli U. (2014). ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda.

Published
2022-04-12