MEDIA MIND MAPING TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA PRASEKOLAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Inayatur Rosyidah
iva Milia Hani Rahmawati

Abstract

Pendahuluan: Anak usia prasekolah memiliki karakterstik yang unik dalam perkembangannnya, Daya ingat merupakan kemampuan mengingat, bisa menerima, menyimpan, dan menimbulkan kembali pengalaman yang dialaminya, jika hanya diberi sedikit petunjuk maka akan menghadapi kesulitan untuk menerima atau menyimpan informasi dalam jangka waktu panjang. Tujuan : Menganalisis pengaruh media mind maping terhadap daya ingat anak usia prasekoah. Metode : Desain penelitian ini menggunakan “Pra experimental” (One Group Pra Test – Post Test Design). Sampel penelitian ini adalah anak usia prasekolah (TK B) di TK Al-Ashfiyah Mbedah Jombang sejumlah 40 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa sejumlah 37 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel independen adalah media mind maping dan variabel dependen adalah daya ingat anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument kuesioner sebelum dan sesudah pemberian media mind maping. Cara menganalisanya dengan menggunakan “Uji Wilcoxon” dengan tingkat signifikan ρ < 0,05. Hasil : Daya ingat anak sebelum diberikan media mind mapping hampir seluruhnya daya ingat cukup sebanyak 36 responden (97,3%), dan setelah diberi media mind mapping daya ingat anak seluruhnya baik sebanyak 37 responden (100%). Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa nilai r=0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai alpha (0,05) maka  diterima. Kesimpulan : Ada pengaruh media mind mapping terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK Al-Ashfiyah Mbedah Jombang
 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rosyidah, I., & Hani Rahmawati, iva. (2023). MEDIA MIND MAPING TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Insan Cendekia, 10(1), 43-51. https://doi.org/10.35874/jic.v10i1.1131

References

Atien, 2014. (2014). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Atien Nur Chamidah, 8.
Buzan. T. (2017) . Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia pustaka utama
Dinkes. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Jombang Tahun 2017. Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, 82–88.
Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K. (2017). Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Anak Usia 1 - 2 Tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142. https://doi.org/10.14238/sp13.2.2011.142-6
Hidayat. (2010). Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.
Hurlock. (2018). Psikologi Perkembangan Sepanjang Daur Kehidupan. Jakarta : EGC
Husnah. (2015). Hubungan Pola Makan , Pertumbuhan dan Stimulasi dengan Perkembagan Anak Usia Balita di Posyandu Melati Kuta Alam Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 66–71. Retrieved from http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=428785
Kesehatan, B. P. dan P. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 1–100. https://doi.org/1 Desember 2013
Nursalam. (2011). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Rahayu, A.H. Santosa, Sigit. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi melalui Penerapan Media Audio Visual dengan Metode Mind Map. Jurnal GeoEco PKLH FKIP UNS. Vol. 1, No.1. Hal. 10 – 17
.
Soetjiningsih, C. H., (2012). Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai Dengan Kanak-kanak akhir. Jakarta: Rendra Media Grup.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Swadarma, D. (2015). Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo
Windura, Sutanto. (2017). Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia