ANALISIS KADAR KROMIUM (Cr) RAMBUT PEKERJA PELAPIS LOGAM MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fery Eko Pujiono
Ninis Yuliati
David Jourdhan
Tri Ana Mulyati

Abstract

Pendahuluan: Pekerja pelapis logam telah menjadi bidang pekerjaan yang mengalami kemajuan karna sifat khas krom yang sangat tahan karat maka pelapisan logam mempunyai kelebihan tersendiri bila di bandingkan dengan pelapisan yang lainnya. Kromium (Cr) dapat mengganggu fungsi organ yang berkerja dalam proses metabolisme tubuh, dan dapat menyebabkan terjadinya kanker. Pada pekerja yang berada di lingkungan industri dan terpajan pada waktu yang lama, maka akan memiliki resiko yang tinggi mengalami masalah kesehatan. Pengukuran kadar (Cr) dapat menggunakan metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) dengan preparasi sampel menggunakan metode destruksi basah. Tujuan : Untuk mengetahui kadar kromium dalam rambut pekerja pelapis logam. Metode : Teknik pengambilan pada penelitian ini adalah total sampling dengan sampel 9 orang. Pada penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu Tahap pengambilan sampel, Tahap destruksi sampel dan Tahap analisis kadar Pb dengan SSA Hasil : Pada rambut pekerja pelapis logam dengan beberapa periode lama bekerja 2-10 tahun sebanyak 6 sampel didapatkan hasil 0,522 ppm namun pada periode 2-4 tahun sebanyak 3 sampel yang  tidak terdeksi adanya kadar kromium. Kesimpulan : Pada rambut pekerja pelapis logam ditemukan adanya kandungan kromium yang tidak melebihi angka normal sebesar 2–3 μg/L menurut Depkes, yaitu sebesar 0,522 ppm hal ini menunjukkan bahwa adanya kadar kromium dalam rambut masih di katakan normal. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pujiono, F., Yuliati, N., Jourdhan, D., & Mulyati, T. (2023). ANALISIS KADAR KROMIUM (Cr) RAMBUT PEKERJA PELAPIS LOGAM MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA). Jurnal Insan Cendekia, 10(2), 111-117. https://doi.org/10.35874/jic.v10i2.1175

References

Alsuhendra, R. (2013). Bahan toksik dalam makanan. Bandung: pt. remaja rosdakarya.

Anshori, J.A. 2005. Spektrofotometri Serapan Atom. materi ajar. universitas padjadjaran.

Budi, S. (2012). Dampak aktivitas transportasi terhadap kandungan pb (timbal) di dalam rambut polisi lalu lintas kota besar semarang (Doctoral dissertation, program magister ilmu lingkungan Undip).

Budiono, I. (2007). Faktor risiko gangguan fungsi paru pada pekerja pengecatan mobil (Studi pada bengkel pengecatan mobil di kota Semarang). (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Cahyanto, B. T., & Anis, S. (2020). Pengaruh suhu dan waktu proses hard chrome pada pelat baja st37 terhadap kekerasan dan ketebalan lapisan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 124-128.

Deviana, R. (2014). Pengaruh waktu pencelupan dan temperatur proses elektroplating terhadap ketebalan dan kekerasan permukaan baja st 42. Jurnal Teknik Mesin, 3(01).

Handayani, C., & Zulhidayati, R. (2017). Validasi metode analisa kadar timbal (pb) dalam rambut karyawan spbu di Indarung. Chempublish Journal, ISSN, 2503588.

Mayaserli, D. P., & Renowati, R. (2018). Analisis kadar logam timbal (pb) pada rambut karyawan spbu. Sainstek: Jurnal Sains dan Teknologi, 9(1), 19-25.
Mulyati, T. A., Pujiono, F. E., & Indah, I. THE EXPOSURE OF Pb TO HAIR AND NAILS IN CHILDREN AROUND “X” COAL MINES USING ATOMIC ABSORPTION SPECTROSCOPY (AAS) METHOD.
Mukono, H. J. (2010). Toksikologi lingkungan. Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan.

Nuraini, R. A. T., Endrawati, H., & Maulana, I. R. (2017). Analisis kandungan logam berat kromium (cr) pada air, sedimen dan kerang hijau (perna viridis) di perairan Trimulyo Semarang. Jurnal Kelautan Tropis, 20(1), 48-55.

Nusa Bhakti, A. (2016). Pajanan kromium (Cr) dan gangguan faal paru pekerja di industri elektroplating villa chrome Kabupaten Jember exposure chromium (Cr) and lung function disorders of workers in villa chrome electroplating industry Jember.
Pangestuti. 2019 KTI: Analisis kadar timbal (pb) dalam rambut sopir bus x dengan metode Spektofotometri Serapan Atom (ssa). Kediri: Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.
Pujiono, F. E., Solikah, P., & Mulyati, T. A. (2022). Cotinine Analysis in Active Smoker's Urine by Immunochromatography Assay Method. Jurnal Sintesis: Penelitian Sains, Terapan dan Analisisnya, 3(1), 43-48.
Rahardjo, D., & Prasetyaningsih, A. (2017). Distribusi dan akumulasi krom di lingkungan kawasan industri kulit Desa Banyakan. Research Report.

Samsuar, S., Kanedi, M., & Pebrice, S. (2017). Analisis kadar timbal (pb) pada rambut pekerja bengkel tambal ban dan ikan mas di sepanjang jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung secara Spektrofotometri Serapan Atom. Jurnal Kesehatan, 8(1), 91-97.

Sawitri, D. D., & Firdausi, A. (2011). Perancangan mekanik mesin poles untuk proses metalografi bahan menggunakan motor listrik”.

Setyaningsih, Y. (2020, June). Peran serta pekerja dalam kepatuhan pelaksanaan sop dan penggunaan apd pada pekerja sektor informal pelapisan logam. In Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Masyarakat UNDIP-UNNES 2019 (Vol. 1, No. 1).

Soemirat, J. (2003). Toksikologi Lingkungan. Universitas Gadjah Mada press. Yogyakarta.

Sukarjo, H., & Pani, S. (2018). Pengaruh kuat arus listrik dan waktu electroplating nickel-chrom terhadap ketebalan lapisan pada permukaan baja karbon rendah. Jurnal Engine, 2(1).

Supriadi, S. (2016). Analisis kadar logam berat timbal (pb), kadmium (cd) dan merkuri (hg) pada wisata pantai akkarena dan tanjung bayang Makassar (Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Winarna, W., Sikanna, R., & Musafira, M. (2015). Analisis kandungan timbal pada buah apel (pyrus malus. l) yang dipajangkan dipinggir jalankota palu menggunakan metode Spektrofotometri Serapan Atom. Natural Science: Journal of Science and Technology, 4(1).

Wulaningtyas. 2018 KTI: Karakteristik pekerja kaitannya dengan kandungan
kromium dalam urine pekerja di industri kerupuk
rambak x Magetan. surabaya: Universitas Airlangga.

Roza, V., Ilza, M., & Anita, S. (2015). Korelasi Konsentrasi Particulate Matter (PM10) di Udara dan Kandungan Timbal (Pb) dalam Rambut Petugas SPBU di Kota Pekanbaru. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 52-60.