HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA USIA REMAJA DI MTS MANBA’UL ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dunia teknologi pada saat ini berkembang dengan pesat, perkembangan teknologi kehidupan manusia seperti kesehatan, pangan, industri dll. Begitupun perkembangan teknologi dalam bidang elektronik di dunia saat ini semakin pesat, salah satunya adalah game. Saat ini Game merupakan aplikasi yang banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game dengan gangguan pola tidur pada usia remaja di MTS Manba’ul Ulum Rejotangan Tulungagung. Desain penelitian menggunakan Cross sectional. Prosedur pengumpulan data menggunakan kuisioner. Jumlah populasi 78 responden.Teknik pengambilan sampel Purposive sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Uji Statistik menggunakan Spearman rho α = 0,05. Dari penelitian ini didapatkan hasil responden yang memiliki intensitas bermain game tinggi sejumlah 19 responden atau 54.3% dan responden yang ada atau mengalami gangguan pola tidur sebanyak 25 responden atau 71.4 %. Kesimpulan diperoleh nilai p = 0,003 dengan α = 0,05 dimana p<α sehingga Ho ditolak yang artinya ada hubungan antara intensitas bermain game dengan gangguan pola tidur pada usia remaja di MTS Manba’ul Ulum Rejotangan Tulungagung. Dengan demikan orang tua dan guru perlu menimbang berbagai dampak yang mungkin muncul terhadap siswa bila terlalu lama bermain dengan game tersebut. Khusunya orang tua harus mengawasi aktifitas anak dalam bermain, salah satunya dengan cara mengontrol tentang alat permainan mereka. Hal positif apa yang bisa di ambil, serta hal negatif apa yang perlu dijauhi anak.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 .
How to Cite
lasman, lasman, suharyoto, suharyoto, islamy, aesthetica, & surtini, surtini. (2023). HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA USIA REMAJA DI MTS MANBA’UL ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. Jurnal Insan Cendekia, 10(2), 92-98. https://doi.org/10.35874/jic.v10i2.1177
References
Adam dan rollings. (2013). Fundamentals of game design. New Riders.
Alimul, H. A. A. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Keperawatan Dalam Kesehatan. Salemba Medika.
Dewi Marlianti. (2015). Hubungan kecanduan bermain game online dan gangguan pola tidur dan motivasi belajar anak usia 10 – 12 tahun. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.
Endang, L. (2016). Insomnia: Gangguan Sulit.
Henry S. (2012). Cerdas Dengan Game. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat A. (2018). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep Dan Proses Keperawatan Buku 2. EGC.
Maulana A. (2013). 7 Fakta Dunia Game Di Penghujung Tahun 2013. lipuatan6.
Newbie. (2016). Negara Dengan Jumlah Gamer Terbanyak Di Dunia Termasuk Indonesia. http://m.kaskus.co.id
Ntaba josua. (2015). Jurnal Hubungan antara Lama Permainan Game Online Dengan Gangguan Pola Tidur. http://repository.uksw.edu/bitstream/
Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba Medika.
Potter & perry. (2011). Fundamental of nursing edisi 7, terjemahan ( Fenderik, A ) (7th ed.). Salemba Medika.
Soetjiningsih. (2015). Tumbuh kembang remaja edisi 2 (2nd ed.). EGC.
Soleman. (2012). Dampak buruk kacanduan game online. http://wordpress.com
Alimul, H. A. A. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Keperawatan Dalam Kesehatan. Salemba Medika.
Dewi Marlianti. (2015). Hubungan kecanduan bermain game online dan gangguan pola tidur dan motivasi belajar anak usia 10 – 12 tahun. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.
Endang, L. (2016). Insomnia: Gangguan Sulit.
Henry S. (2012). Cerdas Dengan Game. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat A. (2018). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep Dan Proses Keperawatan Buku 2. EGC.
Maulana A. (2013). 7 Fakta Dunia Game Di Penghujung Tahun 2013. lipuatan6.
Newbie. (2016). Negara Dengan Jumlah Gamer Terbanyak Di Dunia Termasuk Indonesia. http://m.kaskus.co.id
Ntaba josua. (2015). Jurnal Hubungan antara Lama Permainan Game Online Dengan Gangguan Pola Tidur. http://repository.uksw.edu/bitstream/
Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba Medika.
Potter & perry. (2011). Fundamental of nursing edisi 7, terjemahan ( Fenderik, A ) (7th ed.). Salemba Medika.
Soetjiningsih. (2015). Tumbuh kembang remaja edisi 2 (2nd ed.). EGC.
Soleman. (2012). Dampak buruk kacanduan game online. http://wordpress.com