MANAJEMEN HALUSINASI UNTUK MENGURANGI MASALAH GANGGUAN PERSEPSI SENSORI PADA PASIEN DENGAN GANGGUAN JIWA DIRUMAH SINGGAHmanajemen halusinasi untuk mengurangi gangguan persepsi sensori pada pasien dengan gangguan jiwa di rumah singgah al hidayah mojokerto studi kasus Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mar Atus Sholihah
Erna Ts Fitriyah
Febriyanti Febriyanti

Abstract

Pendahuluan: Halusinasi merupakan keadaan dimana seseorang mengalami perubahan dalam jumlah dan pola dari stimulus yang datang dari internal dan eksternal yang disertai dengan respon menurun atau dilebih lebihkan atau kerusakan respon pada rangsangan ini. Klien penderita halusinasi dengan penanganan yang tidak tepat dapat kehilangan kontrol dirinya sehingga bisa membahayakan dirinya, orang lain maupun lingkungan. Pemberian intervensi manajemen halusinasi untuk meminimalisasi munculnya halusinasi dapat dilakukan dengan mengajarkan pasien untuk menghardik halusinasi ketika muncul. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan rancangan deskriptif dengan pendekatan proses keperawatan . Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari wawancara secara langsung terhadap pasien, Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 2 responden dari Rumah singgah Al hidayah mojokerto dengan masalah gangguan persepsi sensori halusinasi pendengaran. Peneliti melakukan asuhan keperawatan yaitu manajemen halusinasi dengan menerapkan SP1 sampai dengan SP4 dengan kriteria hasil yang berpedoman pada SLKI serta dengan dipadukan dengan teknik menghardik dan juga dzikir. Hasil: setalah dilakukan intervensi menggunakan  SP1 – SP4 juga dengan diterapkan nya terapi dzikir pada kedua klien, didapatkan hasil yang sesuai dengan SLKI meskipun terdapat perbedaan waktu yang dibutuhkan pada kedua klien. Kesimpulan: Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan intervensi manajemen halusinasi dapat menurunkan tanda dan gejala halusinasi jika dilakukan secara rutin dan benar, serta dapat menjadi salah satu cara agar klien dapat mengontrol halusinasi nya.
 
Kata Kunci: manajemen halusinasi, gangguan persepsi sensori , gangguan jiwa

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sholihah, M. A., Ts Fitriyah, E., & Febriyanti, F. (2024). MANAJEMEN HALUSINASI UNTUK MENGURANGI MASALAH GANGGUAN PERSEPSI SENSORI PADA PASIEN DENGAN GANGGUAN JIWA DIRUMAH SINGGAHmanajemen halusinasi untuk mengurangi gangguan persepsi sensori pada pasien dengan gangguan jiwa di rumah singgah al hidayah mojokerto. Jurnal Insan Cendekia, 11(1), 1-12. https://doi.org/10.35874/jic.v11i1.1258

References

Azizah et al. 2016. “Buku ajar keperawatan kesehatan jiwa”. Indomedia Pustaka. Yogjakarta

Darjati et al. 2022. “ Penerapan Intervensi Manajemen Halusinasi Dalam Mengurangi Gejala Halusinasi Pendengaran “. Buletin kesehatan vol.6 No.1

Dewi, Lidia Kumala, and Yuni Sandra Pratiwi. 2021. “Penerapan Terapi Menghardik Pada Gangguan Persepsi Sensori Halusinasi Pendengaran .” : 2332–39.

Dwidiyanti, M dkk . 2020. Pengkajian keperawatan jiwa dengan pendekatan spiritual . Tiga media . Semarang.

Emulyani and Herlambang. 2020. “ Pengaruh Terapi Dzikir Terhadap Penurunan Tanda Dan Gejala Halusinasi Pada Pasien Halusinasi ” . Jurnal Kesehatan 9 (17-25).

Hertati et al. 2022. “Pengaruh Pengendalian Halusinasi Teknik Distraksi Menghardik Terhadap Penurunan Halusinasi Pendengaran: Studi Literatur.” 5(2): 145–56.

Hulu, Pasrah Christian, and Jek Amidos Pardede. “Manajemen Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn . S Dengan Masalah Halusinasi Melalui Terapi Generalis SP 1-4 : Studi Kasus.”

Khaled, Salma M et al. 2022. “The Role of Religiosity Types in the Phenomenology of Hallucinations : A Large Cross-Sectional Community-Based Study in a Predominantly Muslim Society.” Schizophrenia Research (November).

Livana, P. H., Rihadini, R., Kandar, K., Suerni, T., Sujarwo, S., Maya, A., & Nugroho, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengontrol Halusinasi pi Generalis Halusinasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 2(1), 1-8.

Nyumirah, S. 2014. “Manajemen Asuhan Keperawatan Spesialis Jiwa Pada Klien Halusinasi Di Ruang Sadewa RS. H. Marzoeki Mahdi Bogor” . Jurnal keperawatan jiwa vol.2 No.1 1-13.

P, Nugroho Adi, and Arni Nur Rahmawati. 2022. “STUDI KASUS HALUSINASI PENDENGARAN PADA PASIEN SCHIZOFRENIA A CASE STUDY OF AUDITORY HALLUCINATION IN SCHIZOFRENIA PATIENTS Program Studi Profesi Ners , Universitas Harapan Bangsa Perilaku Seseorang Yang Dengan Tiba-Tiba Adanya.” 10: 20–27.

Pratiwi M and Setiawan H. 2018. “ Tindakan Menghardik Untuk Mengatasi Halusinasi Pendengaran Pada Klien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa “. Jurnal Kesehatan Vol 7.
Rahmawati, I. L. (2019) ‘Hubungan Kepatuhan Minum Obat dengan Tingkat Kekambuhan pada Pasien Halusinasi di Wilyah Kerja Puskesmas Geger Kabupaten Madiun’, NURSING IN INTEGRATED HEARING HALUSINATION CLIENTS, 8(5), p. 55.

Senn, Joanne, and Joanne F Senn. 2016. “Teori Hubungan Interpersonal Peplau : Aplikasi Dalam Keperawatan Darurat Dan Teori Hubungan Interpersonal Peplau : Aplikasi Dalam Keperawatan Darurat Dan Pedesaan.” : 30–35.

Sutinah, S., Harkomah, I., & Saswati, N. (2020). Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Persepsi Sensori (Halusinasi) Pada Klien Halusinasi Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi. J. Pengabdian Masyarakat dalam Kesehatan., 2(2), 29-31. Doi: 10.20473/jpmk.v2i2.19972

Waruwu, Ayu Mewati. 2022. “Manajemen Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn . I Dengan Masalah Halusinasi Menggunakan Terapi Generalis.” 1.

Tasijawa, Fandro Armando, Universitas Kristen, and Indonesia Maluku. 2021. “Tinjauan Teoritis Tentang Halusinasi Pendengaran.” (May).

Zulhaini Sartika A Pulungan, and Tiveni Elisabhet. 2021. “Teori Dan Model Konseptual Kesehatan / Keperawatan Jiwa Yang Relevan Dengan Terapi Kelompok.” 4: 7–14.