TERAPI DISTRAKSI BERMAIN PUZZLE UNTUK MENURUNKAN ANSIETAS PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN YANG MENGALAMI HOSPITALISASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bella Dinita Rusmandani
Tiara Fatma
Erna Ts.Fitriyah

Abstract

Pendahuluan:Hospitalisasi merupakan proses yang diharuskan seorang anak untuk menginap di klinik medis untuk perawatan dan pengobatan sampai dia sembuh sehingga mengakibatkan anak menjadi ketakutan, gelisah dan cemas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terapi distraksi bermain puzzle untuk menurukan ansietas pada anak usia 3-6 tahun yang mengalami Hospitalisasi di Ruang Srikandi RSUD Jombang. Metode:Jenis penelitian karya ilmiah ini adalah pendekatan deskriptif dengan pendekatan studi kasus. subjek yang digunakan 2 klien dengan masalah keperawatan Ansietas. Penelitian ini dilakukan di Ruang Srikandi RSUD Jombang dengan memberikan intervensi terapi distraksi bermain puzzle selama 3 hari, menggunakan pengumpulan data yang meliputi pengkajian menentukan diagnosa, membuat intervensi, melakukan implementasi, dan melakukan evaluasi. Hasil:Terapi distraksi bermain puzzle dapat menurunkan ansietas pada anak yang mengalami hospitalisasi dengan tingkatan ansietas dari skor 3 yang menggambarkan adanya kecemasan menjadi skor 0 yang menggambarkan tidak ada ansietas sama sekali.Kesimpulan: dari penelitian ini adalah terapi distraksi bermain puzzle dapat dijadikan terapi pada anak yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan ansietas sehingga anak terhindar dari ketakutan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dinita Rusmandani, B., Fatma, T., & Ts.Fitriyah, E. (2024). TERAPI DISTRAKSI BERMAIN PUZZLE UNTUK MENURUNKAN ANSIETAS PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN YANG MENGALAMI HOSPITALISASI. Jurnal Insan Cendekia, 11(1), 13-19. https://doi.org/10.35874/jic.v11i1.1262

References

Ahwaliana, 2022 “Pengaruh Storytrlling Terhdap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi DiRuang Perawatan Anak RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makasar. https://doi.org/10.57084/jikpi.v3i2.1095

Alimul, Aziz, 2019. Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Mesika.

Alimul, Aziz.2021. Penghantar ilmu keperawatan anak. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, Suhartini. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi VI, Jakarta, PT. RinekaCipta.

Astarini, K. (2017). Hospitalisasi dan Terapi Bermain Anak.Nganjuk: Adjie Media Nusantara. Alpers A., 2006.Buku Ajar Pediatri Rudolph. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran. EGC Burnsnader, S., CCLS.,& Hernan dezreif, M. (2014). Facilitating play for hospitalized children through child life services. department of human.

Aziz, Alimul H. 2019. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 2. Jakarta: Salemba Medika.

Departemen Kesehatan RI. (2019). Pedoman Pelaksanaan Program Rumah Sakit. Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB). Jakarta: Depkes RI.

Dharma, K. (2020).Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta timur: CV. Trans Info Media.

Erfandi.2019. Bermain Bagi Pasien Anak di Rumah Sakit.http:// forbtter health.wordpress.com di unduh tanggal 15 April 2016.

Hamalik, Oemar, 2020, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hawari, Dadang. (2021). Manajemen Stress, Cemas dan Depresi.Jakarta :Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Hale. (2020). Pengaruh terapi bermain terhadap kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi di Ruang Mirah Delima Rumah Sakit William Booth Surabaya.

Hurlock, Elizabet.2019. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Hidayat, Aziz Alimul. 2020. Riset Keperawatan Dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat (2017).Siapa Bilang Anak Sehat Past iCerdas. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hockenberry& Wilson, 2022.Wong’s esensial pediatric nursing. St, Louis: Mosby Elsevier.

Lilis&Wahyuni. (2020). Hubungan frekuensi hospitalisasi anak dengan kemampuan perkembangan motorik kasar pada anak usia sekolah penderita leukimia di RSUD Dr. Moewardi. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia.Volume 6 Nomor 3. https://doi.org/10.32584/jika.v3i1.485

Muttaqin, A & Sari, K, 2019, Asuhan Keperawatan Perioperatif: Konsep,. Proses, Aplikasi, Jakarta: Salemba Medika.

Madyastuti Rahayuningrum Lina dan Sipora Kusuma Dewi pessy. (2018). Visual support menurunkan kecemasan anak yang mengalami hospitalisasi pada pemberian injeksi.
Mia audina, franly onibala, ferdinan wowiling. (2022).Hubungan Dampak Hospitalisasi Anak Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Di Irina E Atas RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou manado.

Nelson, W.A. (2020). Ilmu kesehatan anak.Jakarta : EGC.

Nursalam. (2015). Metodologi ilmu keperawatan, edisi 4, Jakarta: Salemba Medika

Nursalam, dkk.2017.Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak.Jakarta: Salemba Medika

Nursalam.2018.Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan: Penedekatan Praktis Edisi 3.Jakarta: Salemba Medika.

Pott & Modleco, 2021. Pediatric nursing: caring for childrent& their families. Canada: Thomson, Delmar Learning.

Pramono, T. S. (2019). Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: IN AzNa Books.

Putra, H.S.D. (2021). Keperawatan Anak & Tumbuh Kembang.Yogyakarta :Nuha Medika.

Ratih, N.K., 2022. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Terhadap Koping Siswa Smun 16 Dalam Menghadapi Ujian Nasional.Skripsi.Tidak dipublikasikan.Depok:Universitas Indonesia.

Stubbe, 2018. A focus on reducing anxiety in children hospitalized for cancer and diverse pediatric medical diseases through a selfenganging art therapy. Dissertation.Tke Faculty of the School of Professional Phsycology.Chestnut Hill College.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Soetjiningsih.(2020). Tumbuh Kembang Anak dan Permasalahannya.Sagung Seto: Jakarta.

Supartini. 2022. Buku Ajar Konsep dan Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Soetjiningsih.(2020). Tumbuh Kembang Anak dan Permasalahannya.Sagung Seto: Jakarta.

Tsai, 2017.The effect of animal assited therapy on childrent’s stress durimg hospitalization.Doctoral Dissertation of phylosopy.Univercity of marylin.School of nursing.

Wong, 2018.Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Vol.2. Jakarta: EGC.