TERAPI MUROTAL AL QUR’AN SEBAGAI SALAH SATU INTERVENSI PADA LANSIA HIPERTENSI DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lutfi Nurul Aini
Tiara Fatma Pratiwi
Faishol Roni
Erna Ts. Fitriyah
Arif Wijaya

Abstract

 
Pendahuluan: Lansia merupakan proses yang terjadi dalam kehidupan manusia, menjadi tua adalah proses alamiah yang telah melalui tiga tahapan kehidupan yang meliputi anak, dewasa, dan tua. Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah arteri yang mengangkut darah dari jantung dan organ tubuh, bila tidak dikontrol dengan baik akan menyebabkan gangguan pola tidur. Hal tersebut bila tidak diatasi dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan asuhan keperawatan gerontik pada klien hipertensi dengan masalah gangguan pola tidur menggunakan terapi murottal Al Qur’an. Metode: Desain penelitian ini adalah studi kasus dengan pendektan proses keperawatan pada 2 klien dengan penyakit dan masalah keperawatan yang sama selama 7 hari berturut-turut. Hasil: Hasil pada penelitian menunjukkan setelah dilakukan asuhan keperawatan terdapat penurunan skala pola tidur. Sebelum dilakukan terapi murottal Al Qur’an adalah 5 dan setelah diperdengarkan terapi menurun menjadi 1 pada hari ke 7. Kesimpulan: Terapi Murottal Al Qur’an dapat digunakan sebagai terapi nonfarmakologis untuk mencegah terjadinya penurunan kualitas tidur pada pasien hipertensi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aini, L., Fatma Pratiwi, T., Roni, F., Ts. Fitriyah, E., & Wijaya, A. (2024). TERAPI MUROTAL AL QUR’AN SEBAGAI SALAH SATU INTERVENSI PADA LANSIA HIPERTENSI DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR. Jurnal Insan Cendekia, 11(1), 20-28. https://doi.org/10.35874/jic.v11i1.1298

References

Alivian, G.N., Awaludin, S., & Rahayu, E. (2020). Gambaran Mendengarkan Murottal Dan Do’a Terhadap Penurunan Kecemasan Dan Gangguan Pola Tidur Pada Lansia. Jurnal Of Bionursing. 3 (2).

Amalia,L.D.A.,Kusyani,A., & Nurjanah,S .(2022). Hubungan Intensitas Merokok dengan Hipertensi pada Laki-laki. Jurnal Keperawatan, 3 (20) 67-75.
https://digilib.itskesicme.ac.id/ojs/index.php/jip/article/view/1075

Ariyanah, M .(2021). Asuhan Keperawatan Gangguan Pola Tidur Pada Tn. L dan Ny. R Dengan Hipertensi Di RSUD Kardinah Kota Tegal.

Asti, H., Sunarto,N,D., Wahdaniyah, R & Afnela, W. (2020). Buku Saku Pedoman Pencegahan Penyakit Hipertensi. Universitas islam surakarta.

Demanik, S.M & Hasian .(2019). Modul Bahan Ajar Keperawatan Gerontik. Universitas Kristen Indonesia.

Dewi, S.U .(2022). Keperawatan Gerontik. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Ernawati.,Hariati,K.,Idris,Bq.N.A., & Rispawati,B.H. (2022). Pengaruh Terapi Murottal Al Qur’an Terhadap Kualitas Tidur Lansia Di Dusun Pohdana Gerung Utara Kecamatan Gerung Kebupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 11 (1).
https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKP/article/view/323/233

Fajarnia,P.A.(2021). Asuhan Keperawatan Pada Ny. M Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Diagnosa Medis Hipertensi Di Desa Gedangklutuk Beji.
http://eprints.kertacendekia.ac.id/id/eprint/584/

Firdaus, & Santoso .2018. Pengaruh Perbedaan Murattal Ar-rahman Surat ArRahman dan Musik Keroncong terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Lanjut Usia di Panti Jompo Aisyiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Handayani,W.,Lukman,M., Sari, C,W,M. (2021). Gambaran Kualitas Tidur Lansia dengan Hipertensi di Panti Werdha Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9 (1).
https://jik.ub.ac.id/index.php/jik/article/view/377/pdf

Hendriana Yana. (2019). Efektivitas Terapi Audio Murotal Surah ArRahman Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Poskesdes Kedungarum Uptd Pkm Kuningan Kab. Kuningan Jawa Barat Tahun 2016. Jurnal Skolastik Keperawatan

Iksan, R.R., & Hastuti, E. (2020). Terapi Murotal Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Tidur Lansia. Jurnal Keperawatan Silampari, 2 (3).
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1091

Ischak, W. I., Badjuka, B.Y & Zulfiayu. (2019). Modul Riset Keperawatan. Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Gorontalo.

Nita, R & Anggani .(2021). Asuhan Keperawatan Gangguan Pola Tidur Pada Lansia Penderita Hipertensi. Stikes PPNI
http://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/437

Sari, M., & Ramadhani. (2022). Asuhan Keperawatan Gangguan Pola Tidur Melalui Terapi Audio Murottal Dengan Sleep Quality Indek Pada Lansia. Jurnal Vokasi Kesehatan, 1 (1).
https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/juvokes/article/view/13

Ratri, B,A.,Khusnus, Z & Sumirat, W .(2022). Gangguan Pola Tidur Pada Lansia Hipertensi. Jurnal Ilmiah Pamenang, 4 (2).

Tim Pokja SDKI DPP PPNI .(2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia: Definisi Dan Indikator Diagnostik, Edisi 1. Jakarta : DPP PPNI.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI .(2019). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Edisi 1. Jakarta DPP PPNI.

Wahdi, A., Astuti. P., Puspitosari,D.R., Maisaroh, S., & Pratiwi, T.F (2020). The Effectiveness Of Giving Papaya Fruit (Carica Papaya) Toward Blood Pressure On Elderly Hypertension Patients. International Conference Earth Science & Energy. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/SIHC19/article/download/513/229/731