PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BRAIN GYM PADA SISWA SMPN 3 PARE KABUPATEN KEDIRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agus Muslim
Rickiy Akbaril Okta Firdaus
Ucik Indrawati

Abstract

Pendahuluan : Senam otak (Brain Gym) yang dilakukan sebelum pelajaran dimulai diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Senam otak mampu meningkatkan koordinasi bagian tubuh, meningkatkan rasa percaya diri, mengendalikan stress dan membantu menguatkan motivasi. Tujuan :  Untuk mendiskripsikan aktifitas siswa dalam kegiatan senam otak (Brain Gym)  yang akan mempengaruhi motivasi belajar  siswa  UPTD SMP Negeri 3 pare. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah kesulitan belajar di kelas dan termasuk penelitian deskripsi dilakukan sebanyak dua  siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rencana atau rancangan tindakan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan refisi rencana tindakan siklus selanjutnya. Sasaran atau subyek penelitian ini adalah siswa UPTD SMP Negeri 3 Pare. Hasil : Dari hasil analisis yang diperoleh melalui instrumen yang digunakan bahwa kegiatan senam otak yang dilakukan dan hasil observasi atau angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu, siklus I kategori baik 76% dan angka motivasi belajar cukup 66% pada siklus II baik 80% dan angka motivasi belajar baik 78%. Kesimpulan : Melalui senam otak dengan gerakan-gerakannya yang sederhana mampu mengintegrasikan seluruh otak dalam mengatasi kesulitan belajar,menimbulkan rasa percaya diri dan mampu menguatkan motivasi belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muslim, A., Akbaril Okta Firdaus, R., & Indrawati, U. (2024). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BRAIN GYM PADA SISWA SMPN 3 PARE KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Insan Cendekia, 11(1), 71-79. https://doi.org/10.35874/jic.v11i1.1348

References

Fadillah, H. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoharjo Pringsewu (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Fitroh, I. Z. (2015). Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-IPS Di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Tahun 2014/2015 (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran, M. (2016). Kontribusi konsep diri dan dukungan orangtua terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(1), 1-14.
Sari, H., & Shabri, S. (2016). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Idea nursing journal, 7(2), 1-12.
Sujanto, B. (2021). Pengelolaan Sekolah: Permasalahan dan Solusi. Bumi Aksara.
Sussiaminingsih, S., Marini, G., & Fatin Lailatul, B. (2016). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD. ANGKASA KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).
YOLANDA, N. A. (2008). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sdn Wonokarang 1 Balongbendo Kabupaten Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Yuliandri, M. (2016). Hubungan motivasi belajar dalam keterampilan menulis puisi pada proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).