ANALISIS POLA PACARAN SISWA MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 DI KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zainal Ali Mustofa
Sandu Siyoto

Abstract

Pendahuluan : Berpacaran juga merupakan sesuatu yang diharapkan atau dituntut dari remaja karena berpacaran merupakan bentuk hubungan yang popular di masa remaja. Biasanya tuntutan itu berasal dari teman-temannya yang pada masa remaja ini sangat mempengaruhi tingkah laku individu. Akibat adanya tuntutan seperti itu dari teman-temannya, semakin banyak remaja yang ingin menjalin hubungan pacaran. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriftif kualitatif. Hasil : dapat diketahui dari hasil wawancara yang berhubungan dengan pemahaman berpacaran dapat dijelaskan bahwa dari 10 responden memiliki pengertian berpacaran untuk mencari yang terbaik dengan berganti-ganti pacar, tetapi itu menjadi alasan yang klasik jika melihat data pernah berpacaran terdapat 8 responden yang ≥ 3 kali berpacaran. Kesimpulan : hasil wawancara tentang frekuensi yang berhubungan dengan pacaran diperoleh penjelasan yang positif, ketika memiliki pacar mereka lebih termotivasi untuk belajar disekolah dan bersaing positif dengan pacar untuk menunjukkan kemampuan terbaik satu sama lain dalam prestasi belajar. Kata Kunci : Berpacaran, Motivasi Belajar, Perilaku

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mustofa, Z., & Siyoto, S. (2017). ANALISIS POLA PACARAN SISWA MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 DI KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK. Jurnal Insan Cendekia, 3(2). Retrieved from https://digilib.itskesicme.ac.id/ojs/index.php/jic/article/view/281

References

Andara, Restra. 2011. [internet]. Hak dan Kewajiban Siswa. Bersumber dari : (www.Hakdankewajibanseorangpelajar.com ). [diakses tanggal 22 Maret 2012. Jam 12.22].

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Keperawatan. Jakarta : Rineka Cipta.

BKKBN, 2006. [internet]. Psikologi dan Perilaku Seks Remaja. Jakarta. Bersumber dari : (www.Kesrepro.info.com ). [diakses tanggal 16 Maret 2012. Jam 21.00].

Dariyo,2004.Search for self identity. Jakarta PT Rineka Cipta

Fatiah, 2005. [internet]. Berciuman dan Necking Tidak Zina. Jakarta. Bersumber dari : (www.e-psikologi..com ). [diakses tanggal 4 Maret 2012. Jam 20.30].

Gunarsa, 1991. Psikologi Remaja. Jogjakarta : Rineka Cipta.

Hidayat, A .Aziz Alimul. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika.

Hidayat, A. 2002. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknis Analisa Data.. Jakarta : Salemba Medika.

Hurlock, B. Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

KOMNAS-PA, 2012. Hasil Didikan Sekuler. [internet]. Bersumber dari : (www.hasil-didikan-sekuler-627-siswi-smp.com ). [diakses tanggal 22 Maret 2012. Jam 07.24].

Mulamawitri. 2003. Konsep pacaran dan devinisi pacaran..UMM pres Malang

Notoatmodjo,Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Resta,2011. Pemanfaatan Pendidikan dengan Kecepatan Belajar. Jakarta Salemba Medika

Stanley, Hall. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta.

Sugiono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.