PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG SERUNI RSUD JOMBANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pradira Triwahyu Purna Pramesti
Monika Sawitri Prihatini
Yuliati Alie

Abstract

Masalah yang dihadapi anak dengan rawat inap adalah kecemasan sehingga menyebabkan anak tidak bisa kooperatif, yang ditunjukkan dengan sikap menolak pada proses perawatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah di Ruang Seruni RSUD Jombang. Desain penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan One-group pra-post test design. Populasi adalah semua anak prasekolah yang rawat inap di Ruang Seruni RSUD Jombang sejumlah 52 anak. Besar sampel 14 responden dengan  teknik Purposive Sampling. Variabel independen adalah terapi bermain dan variabel dependen adalah tingkat kooperatif anak usia prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (74,4%) memiliki sikap kooperatif yang negatif sebelum diberikan terapi bermain dan  sebagian besar responden (78,6%) memiliki sikap kooperatif yang positif sesudah diberikan terapi bermain. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif anak, dengan tingkat signifikansinya 0,005 dimana <0,05. Ada pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah selama menjalani perawatan di rumah sakit. Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi ruangan untuk menurunkan kecemasan anak. Kata Kunci : Anak Usia Prasekolah, Rawat Inap, Terapi Bermain, Tingkat Kooperatif

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purna Pramesti, P., Prihatini, M., & Alie, Y. (2018). PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG SERUNI RSUD JOMBANG. Jurnal Insan Cendekia, 3(2). Retrieved from https://digilib.itskesicme.ac.id/ojs/index.php/jic/article/view/382

References

Barokah , A. dan S. Haryani. 2012. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perilaku Kooperatif Anak Usia Prasekolah Selama Hospitalisai di RSUD Tugurejo Semaran. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, Volume 1, No.2, Hlm. 1-8

Handayani & Puspitasari. 2008. Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kooperatif Selama Menjalani Perawatan Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Surya Medika

Harsono,Y.2009. Pengaruh Bermain Simbolik Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Selama Menjalani Rawat Inap Di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta. Diakses dari http://www.scrib.com/doc/76642648/Pengaruh-Bermain-Simbolik-Terhadap-Perilaku-Kooperati-Anak-Selama-Menjalani-Rawat-Inap-Di-Rsup-Dr.Sardjito-Yogyakarta

Iqeq. 2003. Pengaruh Permainan Pada Perkembangan Anak. http://www.balitacerdas.com

Muscari,M.E. 2005. Keperawatan. Edisi 3. Jakarta : EGC

Muthu, M.S. & Sivakumar, N. 2009. Pediatric dentistry : Principle & practice. Edisi 1. New Delhi : Elsevier

Nursalam, 2008. Askep Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba Medika

Nursalam, 2008. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika

Potter, P.A.& Perry, A.G.2009. Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Jakarta : Salemba Medika

Ranee. 2010. Hospitalisasi Pada Anak. http://maharanee.com/201003/31/hospitalisasi-pada-anak

Salmela M, Salantera S. &Aronen E.T. 2010. Coping With Hospital Related Fears : experiment of pre-school-aged-children. Journal if Advanced Nursing 66 (6). 1222-1231

Small, L., Melnyk, B.M. & Arcoleo., K.S. (2009). The Effect of Gender on The Coping Outcomes of Young Children Following an Unanticipated Critical Care Hospitalization. Journal for Specialist in Pediatric Nursing. 14(2).112-121

Sri Indah. 2009. Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. http://www.sriindah.digilib.unimus.ac.id/bitstream/123456789/17139/5/chapter%201/pdf/

Subardiah, P.L. 2009. Pengaruh Permainan Terapeutik Terhadap Kecemasan, Kehilangan Kontrol, dan Ketakutan Anak Pra Sekolah Selama Dirawat di RSUD Lampung. (Tidak dipublikasikan). Depok : Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Supartini, Y. 2004. Buku ajar : konsep dasar keperawatan anak.Jakarta : EGC