PENGARUH TERAPI PUZZLE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU AGRESIF ANAK PRA SEKOLAH (Studi di TK Bina Insani Candimulyo Jombang)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perilaku agresif anak masih menjadi masalah yang penting bagi orang tua dan guru karena sangat berpengaruh bagi pertumbuhan, perkembangan dan masa depan anak. Bila tidak ditangani dengan baik dan benar, perilaku agresif dapat berdampak negatif pada kehidupan anak dikemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi puzzle terhadap perilaku agresif anak pra sekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang.Desain penelitian ini adalah pra eksperimen one group pre test post test desaign. Populasinya ibu yang mempunyai anak agresif di TK Bina Insani Candimulyo Jombang yang berjumlah 34 orang. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampelnya sejumlah 31 orang. Variable independent yaitu terapi puzzle, variabel dependent yaitu perilaku agresif anak pra sekolah. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon. Hasil penelitian sebagian besar dari responden sebelum diberi terapi puzzle mempunyai perilaku agresif sedang yaitu sebesar 21 orang (67,7%), sesudah diberikan terapi puzzle sebagian besar mempunyai perilaku agresif sangat rendah (58,1%). Uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi r = 0,001 < a (0,05), sehingga H0 ditolak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh terapi puzzle terhadap perilaku agresif anak pra sekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang. Hasil penelitian ini bisa menjadi bahan penelitian bagi mahasiswa tentang pengaruh terapi puzzle terhadap perilaku agresif anak pra sekolah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 .
How to Cite
Sari, I., Muarrofah, M., & Prasetyaningati, D. (2019). PENGARUH TERAPI PUZZLE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU AGRESIF ANAK PRA SEKOLAH (Studi di TK Bina Insani Candimulyo Jombang). Jurnal Insan Cendekia, 5(1, Maret). Retrieved from https://digilib.itskesicme.ac.id/ojs/index.php/jic/article/view/487
References
Abdullah, 2012. Pengertian game puzzle. http://www.pmii-chondrodimuko.or.id/wp-content/uploads. Diakses 20/02/2017
Arismantoro.(2008).Tinjauan Berbagai Aspek Character Building: Bagaimana Mendidik Anak
Berkarakter.Yogyakarta: Tiara Wacana.
Hendriyani, 2012. Dampak perilaku agresif. http://poltekkespadang.ac.id/download. Diakses 26/02/2017
Izzaty. 2010. Permasalahan perilaku agresif pada anak. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 25/02/2017
Johana, 2015. Faktor perilaku agresif. http://poltekkespadang.ac.id/download. Diakses 25/02/2017
KPAI, 2012. Tayangan kekerasan televisi mempengaruhi perilaku agresif. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 25/02/2017
Ruth, K.L. (1996). Attachment Relationship Among Children With Aggressive Bevahior Problems: The Role of Disorganized Early Attachment Patterns. Journal of Consulting and Clinical Psycology. Volume 64 No.1 Tahun 1996. Harvard Medical School America.
Partini, 2011. Permainan pada anak pra sekolah. http://eprints.uny.ac.id/13445 Diakses 27/02/2017
Perry. 2010. Skala Pengukuran Perilaku agresif. http://etd.eprints.ums.ac.id. Diakses 20/02/2017.
Romlah. 2010. Bermain puzzle. http://eprints.uny.ac.id/13445. Diakses 27/02/2017
Susanti, 2013. perubahan agresif anak. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 27/02/2017
Wulandari, 2011. Perilaku agresif pada anak. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 26/02/2017
Arismantoro.(2008).Tinjauan Berbagai Aspek Character Building: Bagaimana Mendidik Anak
Berkarakter.Yogyakarta: Tiara Wacana.
Hendriyani, 2012. Dampak perilaku agresif. http://poltekkespadang.ac.id/download. Diakses 26/02/2017
Izzaty. 2010. Permasalahan perilaku agresif pada anak. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 25/02/2017
Johana, 2015. Faktor perilaku agresif. http://poltekkespadang.ac.id/download. Diakses 25/02/2017
KPAI, 2012. Tayangan kekerasan televisi mempengaruhi perilaku agresif. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 25/02/2017
Ruth, K.L. (1996). Attachment Relationship Among Children With Aggressive Bevahior Problems: The Role of Disorganized Early Attachment Patterns. Journal of Consulting and Clinical Psycology. Volume 64 No.1 Tahun 1996. Harvard Medical School America.
Partini, 2011. Permainan pada anak pra sekolah. http://eprints.uny.ac.id/13445 Diakses 27/02/2017
Perry. 2010. Skala Pengukuran Perilaku agresif. http://etd.eprints.ums.ac.id. Diakses 20/02/2017.
Romlah. 2010. Bermain puzzle. http://eprints.uny.ac.id/13445. Diakses 27/02/2017
Susanti, 2013. perubahan agresif anak. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 27/02/2017
Wulandari, 2011. Perilaku agresif pada anak. http://eprints.ums.ac.id. Diakses 26/02/2017