HUBUNGAN GADGET ADDICTION TERHADAP EMOSI DAN PERILAKU REMAJA (Studi di KELAS VIII SMPN 1 PETERONGAN) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Baderi Baderi
Dessy Ekawati

Abstract

Pendahuluan. Masalah emosi dan perilaku pada remaja merupakan masalah yang cukup serius, selain memiliki dampak terhadap perkembangan, gangguan emosi dan perilaku pada remaja juga dapat  menurunkan produktivitas serta kualitas hidup mereka (Sari Pediatri, 2017). Masalah  ini dapat disebabkan oleh salah satu faktor yakni kehidupan di kota besar yang penuh dengan tuntutan dan tekanan bagi perkembangan dan pertumbuhan remaja (Sari Pediatri, 2017). Tuntutan tersebut bisa didapatkan dari gaya hidup yang berubah seiring dengan kemajuan teknologi sebagai contoh yaitu gadget. Tujuan Penelitian. Menganalisis hubungan Gadget Addiction terhadap emosi dan perilaku remaja kelas VIII SMP Negeri 1 Peterongan, Jombang. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan metode kuantitatif, dan desain penelitian yang digunakan adalah  Croos-sectional. Variabel dependen adalah emosi dan perilaku sedangkan variabel independennya adalah gadget addiction. Dengan jumlah populasi semua siswa kelas VIII yang menggunakan gadgaet di SMP Negeri 1 Peterongan, Jombang sejumlah 210 siswa. Teknik Sampling yang digunakan Purposive  sampling. Data responden yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 84 responden. Uji Analisa data dilakukan dengan Uji Spearman Rho. Hasil Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan mengalami gadget addiction tinggi dengan emosi dan perilaku abnormal sejumlah 41 responden (48,9%)  Berdasarkan hasil uji statistik Spearman Rho menunjukkan nilai (р=0,000) hal ini menunjukkan bahwa (р<0.05) yang menunjukkan ada hubungan gadget addiction terhadap emosi dan perilaku remaja.
Kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang cukup tinggi antara gadget addiction terhadap emosi dan perilaku remaja di kelas VIII SMPN 1 Peterongan Jombang dimana sebagian besar responden mengalami gadget addiction  tinggi hal ini yang menyebabakan emosi dan perilaku responden  sebagian besar responden dalam kategori borderline. Saran. Menggurangi penggunaan gadget yang berlebihan sehingga menggunakan gadget sebijak mungkin dalam belajar, dan dapat memusatkan pikiran.
 
Kata kunci : gadget addiction, emosi dan perilaku, remaja

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Dessy Ekawati, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang

Keperawatan
How to Cite
Baderi, B., & Ekawati, D. (2021). HUBUNGAN GADGET ADDICTION TERHADAP EMOSI DAN PERILAKU REMAJA. Jurnal Insan Cendekia, 7(2, Septemb), 114-120. Retrieved from https://digilib.itskesicme.ac.id/ojs/index.php/jic/article/view/755

References

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta
Fadilah, R.(2015).Perilaku Konsumtif Mahasiswa UGM dalam Penggunaan Gadget.Yogyakarta: UGM
Fatimatuzzahroh, Siti (2017) Pengaruh Cognitive Restructuring Terhadap Perubahan Perilaku Game Online Addiction Pada Remaja Usia 12-14 Tahun (Studi Di SMP Wahid Hasyim Kota Malang). Malang : UMM
Fery, Ardian (2016) Perkembangan Emosi Remaja . Lampung : Universitas Lampung
Fitri , Meri, dkk. (2019) Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Masalah Mental Emosional Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Swasta Se Kota Padang Panjang Volume 2 No. 2 Januari 2019
Hasanah, Muhimmatul (2017) Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan mental Anak . Islamic Early Childhood Education : Lamongan
Iswidharmanjaya, Derry. 2018. Bila Si Kecil Bermain Gadge: Panduan bagi Orang Tua untuk Memahami Faktor-faktor Penyembab Anak Kecanduan Gadget. Google Books
Lukman (2017) Penggunaan Dan Adiksi Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makasar
Muflih (2017) Penggunaan Smartphone Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Di SMA Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: UGM
Putri, Dewi ( 2018) Hubungan Durasi Dan Frekuensi Bermain Video Game Dengan Masalah Mental Emosional Pada Remaja, Universitas Diponegoro Semarang
Riska (2017) Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Usia Remaja Awal Sdn Di Kecamatan Godean, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Saifullah (2017) Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pola Tidur pada Anak Sekolah Di UPT SDN Gadingredjo II Pasuruan . Surabaya : Unair
Sari Pediatri (2017) Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak dan Remaja di Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja RSUPN dr. Ciptomangunkusumo (RSCM), Jakarta Vol. 12, No. 4.
Sarwono, S.W. 2017. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali
Suhaila, Jehtae ( 2016) Perkembangan Emosi Pada Masa Dewasa. Kediri : STAIN
Wulandari (2018) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa Smpn Satu Atap Pakisjaya Karawang Vol. 3. No. 2 Februari 2018