Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang P3K terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua dalam Penanganan Cedera Anak Balita Effect of Health Education on First Aid on Parents' Knowledge Levels in Handling Injuries to Toddlers Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitria Hari Wibawati
Julianto Laia
Sri Redjeki
Retno Dwi Santi
Yuli Ana
Sariaman Purba

Abstract

Pendahuluan: Cedera merupakan masalah kesehatan di dunia dan Indonesia sebagai penyebab utama kematian pada anak. Beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan pada kasus cedera dalam rumah tangga adalah dengan melakukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pentingnya penanganan cedera yang tepat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang P3K terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam penanganan cedera anak balita. Metode : Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental dengan one group pretest posttest design, populasi 40 responden, sampel 40 responden dengan teknik pengambilan sampel acidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan penanganan cedera anak balita melalui google form. penyuluhan P3K dilaksanakan dengan mengundang ibu dengan anak balita melalui zoom meeting. Uji statististik yang digunakan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil : Distribusi frekuensi pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan sebanyak 25 (62.5%) memiliki pengetahuan kurang, sedangkan sesudah dilakukan penyuluhan terdapat 36 responden (90%) memiliki pengetahuan baik. Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p = 0.000.  Kesimpulan : Ada  pengaruh pendidikan kesehatan tentag P3K terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam penanganan cedera anak balita.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wibawati, F., Laia, J., Redjeki, S., Santi, R., Ana, Y., & Purba, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang P3K terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua dalam Penanganan Cedera Anak Balita. Jurnal Insan Cendekia, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.35874/jic.v9i1.923

References

Ali, Mohamed. 2020. “Effectiveness of Pediatric First Aid Training Programme on Managing Pediatric Injuries among Pre-School Teachers in Pemba Island .”
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Atak, Nazli, Leyla Karaoǧlu, Yasemin Korkmaz, and Seda Usubütün. 2010. “A Household Survey: Unintentional Injury Frequency and Related Factors among Children under Five Years in Malatya.” Turkish Journal of Pediatrics 52(3):285–93.
Collaborating Group of Precise Diagnosis, Chinese Pediatric Cardiology Society, Chinese Pediatric Society, Chinese Medical Association, Collaborating Group of Heart Failure, Chinese Pediatric Cardiology Society, and Chinese Pediatric Society, Chinese Medical Association. 2020. “Recommendations for Clinical Management of Children and Adolescents with Chronic Heart Failure during the Epidemic Period of Novel Coronavirus Pneumonia.” Chinese Journal of Applied Clinical Pediatrics. doi: 10.3760/cma.j.issn.2095-428X.2020.02.006.
Dinkes Jabar. 2019. “Profil Kesehatan Jawa Barat.” Profil Kesehatan Indonesia Jawa Barat Tahun 2019.
Endiyono, and Arum Lutflasari. 2016. “Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Berpengaruh Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Praktek Guru Dalam Penanganan Cedera Pada Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan 14(1):10–17. doi: http://dx.doi.org/10.33846/sf10216.
Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Litbangkes Kemenkes RI.
Kemenkes RI, Dirjen P2P. 2020. “Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.” Kementerian Kesehatan RI.
Kuschithawati, Susy, Rahadyan Magetsari, and Nawi Ng. 2007. “Faktor Risiko Terjadinya Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Berita Kedokteran Masyarakat 23(3):131–41. doi: https://doi.org/10.22146/bkm.3620.
Mohamad-Hani Temsah, Fadi Aljamaan, Ali Alhaboob. 2021. “Enhancing Parental Knowledge of Child Safety: An Interventional Educational Campaign.” medRxiv The Preprint Server For Health Sciences. doi: https://doi.org/10.1101/2021.06.20.21259168.
Nursalam. 2018. “Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.” 148:148–62.
Safar A. Alsaleem, Mohammed A. Alsaleem, Ahmed M. Asiri, Saif S. Alkhidhran, Waleed S. S. Alqahtani, Mohammad S. Alzahrani, Huda A. Assiri, Khadejah M. Alshahrany, and Awad S.Alsamghan. 2019. “Knowledge and Attitude Regarding Child Abuse among Primary Health Care Physician.” J Family Med Prim Care. doi: 10.4103/jfmpc.jfmpc_442_18.
Soad Abdulrhman Al-Bshri, Saulat Jahan. 2021. “Prevalence of Home Related Injuries among Children under 5 Years Old and Practice of Mothers toward First Aid in Buraidah, Qassim.” J Family Med Prim Care. doi: 10.4103/jfmpc.jfmpc_2265_20.
Sönmez, Yonca, Ersin Uskun, and Azize Pehlivan. 2014. “Knowledge Levels of Pre-School Teachers Related with Basic First-Aid Practices, Isparta Sample.” Turk Pediatri Arsivi 49(3):238–46. doi: 10.5152/tpa.2014.1581.
Wong, L.Donna. 2012. Buku Ajar Keperawatan Pedriatik. Jakarta: EGC.
Yu-Li Wei, Li-Li Chen, Tsai-Chun Li. n.d. “Self-Efficacy of First Aid for Home Accidents among Parents with 0- to 4-Year-Old Children at a Metropolitan Community Health Center in Taiwan, Accident Analysis and Prevention.” Elsevier. doi: 10.1016/j.aap.2012.12.002.