Pengaruh Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Stroke terhadap Tingkat Pengetahuan pada Penderita Hipertensi The Effect of Stroke Early Detection Health Education on Knowledge Levels on People with Hypertension Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendahuluan: Hipertensi merupakan salah satu faktor resiko utama tejadinya stroke. Stroke dapat dicegah dengan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dapat mempengaruhi pengetahuan dalam deteksi dini stroke pada penderita hipertensi sehingga dapat meminimalkan kemungkinan terjadi stroke dan dapat mempercepat penanganan apabila terjadi gejala stroke. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan deteksi dini stroke terhadap tingkat pengetahuan pada penderita hipertensi. Metode: Desain penelitian quasi experimental design menggunakan one group pretest posttest. Populasi 92 penderita hipertensi dan sampel 30 laki-laki penderita hipertensi dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil: Sebelum dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar responden berpengetahuan cukup yaitu 20 responden (66,7%) dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan hampir seluruh dari responden berpengetahuan baik yaitu 25 responden (83,3%). Hasil analisa uji Wiloxon pada variabel pengetahuan diperoleh nilai p-value 0,000 (<0,05) Artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan deteksi dini stroke terhadap peningkatan pengetahuan dalam deteksi dini stroke pada penderita hipertensi. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan deteksi dini stroke dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan respoden. Saran: Diharapkan pelayanan kesehatan dapat meningkatkan sosialisasi cara deteksi dini stroke kepada masyarakat serta diharapkan penderita hipertensi dapat meningkatkan pengetahuannya dalam deteksi dini stroke agar meminimalisir kejadian stroke.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 .
How to Cite
Nury, V., Kusyani, A., & Nurjanah, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Stroke terhadap Tingkat Pengetahuan pada Penderita Hipertensi. Jurnal Insan Cendekia, 9(1), 20-25. https://doi.org/10.35874/jic.v9i1.979
References
Anshari, Z. (2020). Komplikasi Hipertensi Dalam Kaitannya Dengan Pengetahuan Pasien Terhadap Hipertensi Dan Upaya Pencegahannya. Jurnal Penelitian Keperawatan Medik Vol.2 No.2, 44-51. doi: 10.36656/jpkm.v2i2.289
Hamonangan, D. (2018). Hubungan Pengetahuan Penderita Hipertensi tentang Stroke dengan Perilaku Pencegahan Stroke di Puskesmas Helvetia Medan. Jurnal Keperawatan Vol.1 No.1, 73–84.
Notoatmodjo, S. (2010). Konsep Perilaku Kesehatan: Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduan, D. A., Dharma, K. K., & Sukarni. (2019). Pengaruh Edukasi Deteksi Dini Stroke Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Individu Dengan Risiko Tinggi Stroke Di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas II Kota Pontianak. Jurnal ProNers, Vol.4 No.1, 237–240. doi: 10.26418/jpn.v4i1.34593
Riset Kesehatan Dasar. (2018). Laporan Nasional 2018, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
Tilong, A. D., & Hira. (2014). Buku Lengkap Pertolongan Pertama pada Beragam Penyakit. Yogyakarta: FlashBooks.
Wawan A, D. M. (2015). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia Dilengkapi Contoh Kuesioner.Yogyakarta: Nuha Medika.
WHO.(2019).Hypertension.https://www.who.int/healthtopics/hypertension#tab=tab_1
Hamonangan, D. (2018). Hubungan Pengetahuan Penderita Hipertensi tentang Stroke dengan Perilaku Pencegahan Stroke di Puskesmas Helvetia Medan. Jurnal Keperawatan Vol.1 No.1, 73–84.
Notoatmodjo, S. (2010). Konsep Perilaku Kesehatan: Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduan, D. A., Dharma, K. K., & Sukarni. (2019). Pengaruh Edukasi Deteksi Dini Stroke Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Individu Dengan Risiko Tinggi Stroke Di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas II Kota Pontianak. Jurnal ProNers, Vol.4 No.1, 237–240. doi: 10.26418/jpn.v4i1.34593
Riset Kesehatan Dasar. (2018). Laporan Nasional 2018, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
Tilong, A. D., & Hira. (2014). Buku Lengkap Pertolongan Pertama pada Beragam Penyakit. Yogyakarta: FlashBooks.
Wawan A, D. M. (2015). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia Dilengkapi Contoh Kuesioner.Yogyakarta: Nuha Medika.
WHO.(2019).Hypertension.https://www.who.int/healthtopics/hypertension#tab=tab_1