Motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19

  • Inong Sri Rahayu STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe
  • Mohd Reza STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe

Abstract

Motivasi dianggap sebagai faktor penting untuk keberhasilan belajar termasuk belajar daring, sehingga perlunya mempertimbangkan kembali motivasi belajar di lingkungan belajar dan pemanfaatan teknologi yang sekarang ini sudah lebih maju. Motivasi dapat mempengaruhi apa yang kita pelajari, bagaimana kita belajar, dan kapan kita memilih untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 114 mahasiswa semester VI STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa semester VI program studi SI keperawatan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe baik 100%, dengan skor persentase rata-rata 70,63%. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak dalam menyelenggarakan pembelajaran daring di perguruan tinggi dan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis dan mengembangkan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa darurat covid-19.

Author Biographies

Inong Sri Rahayu, STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe
Program Studi S1 Keperawatan
Mohd Reza, STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe
Program Studi S1 Keperawatan

References

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporay Education Technology, 10(2), 120-136. http://doi.org/10.30935/cet.554469.

Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin:Europan Training Foundation.

Arie Anang Setyo., Muhammad Syahrul Kahar., Rahmatullah Bin Arsyad., Muhammad Fathurrahman., Hilman Djafar., Wenny Hulukati., Abd. Kadir Husaini. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Under The License CC BY-SA 4.0. 12(1),2021.

Denker, K, J. (2013). Student Response Systems and Facilitating the Large Lecture Basic Communication Course: Assessing Engagement and Learning. Communication teacher, 27(1)50-69. https://doi.org/10.1080/17404622.2012.730622.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnalmikrotik, 2(1),1-5.

Hamzah Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students Motivation. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 181, 423-430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905.

Lee, J., & Martin, L.(2017). Investigating Students Perceptions of Motivating Factors of Online Class Discutions. International Review in Open and Distance Learning, 18(5), 148-172. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.2883.

Mendikbud. (2020). Panduan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2020. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student perceptions of online and face-to-face learning. Internasional Journal of Curriculum and Instruction, 10(2),61-76.

Masconi, F. (2015). The New European Industrial Policy:Global Competitiveness and The Manufacturing Renaissance. London, England: Routledge.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai upaya menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. http://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Prilaku kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta

Orgaz, F., Moral, S., Dominguez, C. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational psychology – propositos y Representaciones, 6(2), 277-299. http://dx.doi.org/10.20511/pyr2018.v6n2.230.

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online composition classroom: blogging as an enhacement of online curriculum. Journal of Education Technology Systems, 47(2), 1-14. http://doi.org/10.1177/0047239518788278.

Riaz, A. (2018). Effects of online education an encoding and decoding proses of students and teacher. International Conference E-Learning, 42-48. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED590288.pdf.

Slameto. (2014). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sintema, E, J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implications fer STEM Education. Eurasia journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7),1-6. https://doi.org/10.29333/ejmste/7893.

Sahu, p.(2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Deseases (COVID-19): Impacton Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(april). https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Samir Abou El-Seoud, M., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and Students Motivation: A Research Study on the Effect of E-learning on Hingger Education. International journal of Emerging Technology in Learning, 9(4), 20-26. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465.

Saricoban, A., Tosuncuoglu, I., & Kirmizi, O. (2019). A Technology Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Assaessment of Preservice EFL Teachers Learning to Teach English as a Foreign Language. Journal of Language and Linguitic Studies, 15(3), 1122-1138. https://doi.org/10.17263/jlls.631552.

United Nations. (2020). PolicyBrief: The Impact of on children. USA: United Nations.

Yani Fitriyani., Irfan Fauzi., & Mia Zultrianti Sari. (2020). Motivasi Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendiidikan Dan Pembelajaran, 6(2). Doi:http://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Zhou , G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the Spiring of Wuhan: Facts and Hope of COVID-19 Outbreak. Frontiers of Medicine, 14(2), 113-116. https://doi.org/10.1007/s11684-20-0758-9.

Zainakhan. (2014). Minat Belajar Siswa. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published
2022-06-01