Hubungan pola asuh dengan perilaku bullying pada anak sekolah dasar
Abstract
Perilaku bullying merupakan perilaku seseorang khususnya lebih kuat menyakiti baik fisik maupun secara verbal terhadap orang yang lemah. Salah satu faktor penyebab seorang anak melakukan perilaku bullying adalah pola asuh orang tua. Pola asuh yang tepat dalam mengasuh dan mendidik anak sangat dibutuhkan, karena pola asuh akan mempengaruhi kondisi psikologis anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola asuh orang tua, perilaku bullying pada anak sekolah dasar serta menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada anak sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri Carangrejo 02, Kesamben, Jombang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden terdiri dari siswa Sekolah dasar dan orang tua/wali dengan menggunakan purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain cross sectional dan Analisa data yang digunakan untuk mengetahui hubungannya adalah uji Chi Square. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa sekolah dasar SDN Carangrejo 02, Kesamben, Jombang. Saran dapat diadakan kegiatan parenting dengan tema penguatan pola asuh dan bullying serta penanggulanganya.References
Aminah, A., & Nurdianah, F. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–9.
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Artanti, Novianti, &Zulkifli (2021). Analisis Bullying pada Anak Panti Asuhan Usia 0-6 Tahun di Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai. SSN: 2614-6754 (print), ISSN: 2614-3097(online), Halaman 2848-2857, Volume 5
Herminaju, Kholidati (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK RA Cut Nyak Dien. Pediomaternal Nursing Journal. Vol 5, No 1
Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1), 55. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2021). Bank data perlindungan anak. KPAI.GO.ID
Nurhayanti, Novotasari, Natalia (2013). Tipe pola asuh orang tua yang berhubungan dengan perilaku bullying di SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa. Volume 1, No. 1, hal 49-59
Manalu, Patimah, Haryono, (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Bullying Di SMA Al-Mas’udiyah Cigondewah Hilir Kabupaten Bandung. Jurnal ilmiah Kesehatan, Issue vol 8, No. 2, 147-153. DOI: https://doi.org/10.12345/jikp.v8i02.140
Muspita, A., Nurhasanah, & Martunis. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Siswa Sd Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 31–38.
Naswi Rusdin.(2017). Perilaku Kebijakan Organisasi. Makassa; CV Sah Media; 2017
Nursalam (2016) Metodologi penelitian ilmu keperawatan :pendekatan praktis. Jakarta: Salemba Medika
Ntobuo, fendi. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Di Sma N 1 Bolangitang. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 10.31219/osf.io/u9jc6.
Pusdatin Kemenkes RI. (2018). Data KPAI tentang kekerasan pada anak.pdf
Putri, (2016). Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Perilaku Bullying Di SMPN 5 Samarinda. Jurnal Motivasi : Jurnal Psikologi. E-ISSN : 3901288342. P-ISSN : 93429825. Vol 4, No 1
Rachmawati, A. T., Saragih, S., Bullying, P., & Kelas, T. (2019). Efektivitas pelatihan empati terhadap penurunan perilaku bullying ditinjau dari tingkatan kelas. Jurnal Psikologi, 14(2), 132–141.
Rahayu, L.P. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja SMP Negeri 27 Samarinda. Journal Psikoborneo. 6 (2) : 317-329
Rohimah, A. (2016). Hubungan Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sd Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. 16. http://digilib.unisayogya.ac.id/2028/1/NASKAH PUBLIKASI 2.pdf
Sari, S. W. N. & D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tindakan Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 63 Lubuk Basung The Factors Influencing Bullying Actions At School-Age Children In Elementary School 63 Lubuk Basung. 9(2).
Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5 (1), 25. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.25-28
Xie, H., & Ngai, S. S. yum. (2020). Participant roles of peer bystanders in school bullying situations: Evidence from Wuhan, China. Children and Youth Services Review, 110(January), 104762. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.104762
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.