Studi kasus penatalaksanaan fisioterapi pada wanita pasca Sectio Caesarea

  • Nurul Fajri Romadhona Universitas Muhamadiyah Surabaya
  • Yulia Trisnawati Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang Sidoarjo
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Terapi latihan free active exercise, statik kontraksi, dan kegel exercise banyak dimanfaatkan dalam lingkup medis, salah satunya adalah terapi untuk pasien dengan kondisi pasca sectio caesarea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi nyeri pasca Sectio Caesarea, meningkatkan kekuatan otot perut dan dasar panggul, serta meningkatkan kemampuan fungsional setelah diberikan intervensi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di rumah sakit Siti Khodijah pada pasien perempuan berusia 30 tahun dengan menggunakan VAS pada nyeri, MMT pada kekuatan otot, dan Katz Index pada kemampuan fungsional kemudian dilakukan analisa deskriptif. Hasil penelitian didapatkan adanya penurunan nyeri diam, nyeri gerak, dan nyeri tekan pada pengukuran nyeri (VAS), peningkatan kekuatan otot perut dan otot dasar panggul pada pengukuran kekuatan otot (MMT), dan peningkatan kemampuan fungsional pada pengukuran Indeks Katz. Kesimpulan penelitian ini adalah terapi latihan free active exercise, statik kontraksi, dan kegel exercise mampu menurunkan nyeri, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan kemampuan fungsional pada pasien pasca Sectio Caesarea.

Author Biographies

Nurul Fajri Romadhona, Universitas Muhamadiyah Surabaya
Program Sarjana Fisioterapi
Khairunnisa Khairunnisa, Universitas Muhammadiyah Surabaya
Program Sarjana Fisioterapi

References

Alimin, A. (2018). Pengaruh Senam Kegel Terhadap Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi Urine Pada Lansia Di Uptd Griya Werdha Jambangan Surabaya. Universitas Merdeka.

Aprina, A. P. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persalinan Sectio Caesarea Di Rsud Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jurnal Kesehatan, Vii(1), 90–96.

Atin, R. (2015). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Carpal Tunnel Syndrome (Cts) Dextra Di Rs Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewi, C. Y. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Mengwi Ii Tahun 2021. Politeknik Kesehatan Denpasar.

Lanto, I. A. (2021). Pengaruh Kegel Exercise Terhadap Intensitas Nyeri Perineum Pada Ibu Post Partum Di Puskesmas Puuwatu Kendari. Universitas Hasanuddin.

Mone, M. I. (2019). Asuhan Kebidanan Berkelanjutan Pada Ny. M.M Di Puskesmas Radamata Kecamatan Laura Periode 01 April Sampai Dengan 19 Juni 2019. Politeknik Kesehatan Kupang.

Nunik, N. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Ny. R Post Sectio Caesarea Dengan Indikasi Panggul Sempit Di Ruang Cut Nyak Dien Rsud Sekarwangi Kabupaten Sukabumi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Rahim, W. A., Rompas, S., & Kallo, V. D. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Perawatan Luka Pasca Bedah Sectio Caesarea (Sc) Dengan Tingkat Kemandirian Pasien Di Ruang Instalasi Rawat Inap Kebidanan Dan Kandungan Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1). Https://Doi.Org/10.35790/Jkp.V7i1.22890

Rahmawati, F. (2016). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Pasien Dengan Kondisi Osteoarthritis Genue Sinistra Di Rsu Aisyiyah Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sambas, E. K. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mengenai Perawatan Ibu Postpartum Dengan Seksio Sesaria Terhadap Kemampuan Merawat Diri Di Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya Etty. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, 17(2), 437–447.

Twistina, A. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Ny. C.B Dengan Post Partum Sectio Caeseria Di Wilayah Kerja Puskesmas Bakunase, Kota Kupang. Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang.

Ulfa, M. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Ny. Za Dan Ny. Zu Post Operasi Sectio Caesarea Dengan Masalah Keperawatan Hambatan Mobilitas Fisik Di Ruang Teratai Rsud Dr. Haryoto Lumajang Tahun 2019. Universitas Jember.

Wacikadewi, N. M. (2021). Manfaat Media Lembar Balik Flipchart Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Alat Kontrasepsi Dalam Rahim Pasca Plasenta Pada Ibu Bersalin Sectio Caesarea. Politeknik Kesehatan Denpasar.

Published
2022-09-10