Pengaruh Mentoring Peer Group terhadap Perilaku Verbal Bullying di Pondok Pesantren

  • Iin Aini Isnawati Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo
  • Rizka Yunita STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan

Abstract

Perilaku bullying merupakan tindakan agresif yang sering di lakukan oleh remaja. Sebagian besar jenis perilaku bullying yang terjadi adalah verval bullying. Dampak perilaku Verbal Bullying bagi korban dapat terjadi gangguan fisik sampai mental. Perilaku ini tidak hanya terjadi di sekolah formal juga terjadi di sekolah non formal seperti pondok pesantren. Sehingga kasus bullying perlu mendapatkan solusi pendekatan yang mampu merangkul remaja untuk dapat menghentikan aksi bullying nya. Salah satunya dengan memberdayakan teman sebaya (Peer group). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Mentoring Peer Group terhadap perilaku Verbal Bullying di Pondok Pesantren. Metode penelitian ini menggunakan quasy eksperiment dengan pendekatan pre post test design. Populasi penelitian ini adalah remaja pondok putri hafshawaty sebanyak 135 orang dengan tehnik sampling simple random sampling dengan 101 sampel. Alat ukur yang di pakai menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analitik korelasi wilcoxon dengan SPSS 21. Berdasarkan hasil di dapatkan sebelum intervensi kategori terbanyak adalah cukup tinggi sebanyak 54 responden (53,5%) dan setelah intervensi kategori terbanyak adalah rendah sebanyak 43 responden (42,6%). Setelah dianalsis di dapatkan ṕ value 0.001 < α 0.05 sehingga dapat dinyatakan bahwa H1 diterima yang artinya ada pengaruh Mentoring Peer Group terhadap perilaku Verbal Bullying di Pondok Pesantren. Pengembangan metode pendekatan pada remaja dipondok pesantren dengan Mentoring efektif dalam menurunkan angka Verbal Bullying dengan pelatihan yang lebih terstruktur dan dilakukan secara kontinu. Peran pengurus pondok sebagai kontrol dalam memberdayakan teman sebaya efektif untuk mengurangi dan kebiasaan Verbal Bullying di Pondok Pesantren.

References

Agustina, S., Nuraeni, A., & Supriyono, M. (2015). Efektivitas Pendampingan Peer Group Tentang Bahaya Rokok Terhadap Frekuensi Merokok Siswa Sman 14 Semarang. 2 Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK), 1–7.
Firdaus, J., & Aisyah, N. (2020). Revitalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Problematika Bullying Di Pesantren. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 898–907. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11734
Hamidah, M. (2020). Religiusitas dan perilaku bullying pada santri di pondok pesantren. Psycho Holistic, 2(1), 141–151. http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic
Hukum, F., & Esa, U. (2018). Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Santri terhadap Tindakan Bullying di Pesantren. 01(02), 38–44.
Khamida, K., Nurjanah, S., & Ainiyah, N. (2019). Peer Group Support dengan pendekatan Model Keperawatan Health promotion model berpengaruh terhadap manajemen Life style santri. Journal of Health Sciences, 12(02), 109–117. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.1192
Manto, O. A. D., Nitto, P. J. B., & Wulandari, D. (2020). Kejadian Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 2549–4058. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.629
Masyarakat, J. K. (2019). Strategi Coping Stress Kejadian Bullying (Perundungan) Siswa Smp Di Wilayah Kecamatan Banyumanik. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(4), 266–272.
Nito, P. J. B., Manto, O. A. D., & Wulandari, D. (2020). Pengaruh Program Mentoring Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Penggunaan Standardized Nursing Language Mahasiswa Keperawatan sebagai Metode Pembelajaran. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 462–472.
Nuris Yuhbaba, Z. (2019). Eksplorasi Perilaku Bullying Di Pesantren. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 7(1), 63–71. https://doi.org/10.36858/jkds.v7i1.143
Pengabdian, J., Mu, U., Marlina, H., & Gumayesty, Y. (2019). Pendampingan Peer Group Untuk Menurunkan Resiko. 3(2), 1–5.
Retnowuni, A., & Yani, A. L. (2019). Pengalaman Santri Mengikuti Progam Gpm ( Gerakan Pondok Menyenangkan ) Terhadap Perilaku Bullying Di. Jurnal Edunursing, 3(2), 109–118. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/edunursing/article/view/1841/979
Tirta Suminar, I., & Nur Anisa, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Teman Sebaya (Peer Education) Kesehatan Menstruasi Terhadap Kesiapan Siswi Sd Menghadapi Menstruasi Awal. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 16, 132–141. https://doi.org/10.34035/jk.v11i2.433
Published
2022-12-31