Hubungan Komunikasi Efektif Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Medina Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik

  • Atqin Masmumah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Jerita Eka Sari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Komunikasi efektif merupakan aspek penting yang berkaitan erat dengan pelayanan kesehatan khususnya saat perawat sedang melakukan timbang terima pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan yang nantinya akan berkaitan dengan perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif dengan kepuasan pasien. Desain penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional dengan populasi sebanyak 147 pasien, dan jumlah sampel 107 pasien yaitu dengan menggunakan tekhnik accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square (p< 0,05). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 67 Pasien yang mempersepsikan Komunikasi Efektif Perawat dengan kategori Efektif, hampir seluruhnya merasa puas dengan persentase 91% atau 61 Pasien. Uji Statistik menunjukkan bahwa p=0,003 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan : Ada Hubungan Komunikasi Efektif dengan Kepuasan Pasien di Ruang Medina Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik

References

Adiwibowo, B. Satrio. (2016). Pelatihan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Efektif Antara Dokter, Perawat, Pasien, dan Keluarga Pasien di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Jurnal Abdimas, 4(2), 270–274. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/2284
Afnuhazi, R. (2014). Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan Jiwa. Gosyen Publishing.
Anak Agung Ayu Sri Suwitri, Alfiery Leda Kio, I Gede Wirajaya (2020), Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Terhadap Caring Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bali Royal, Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal)Vol. 11No. 1, Mei 2020(14-21)
Abd. Nasir, Abdul Muhith, Ideputri (2011), Metodologi Penelitian Kesehatan, Mulia Medika, Yogyakarta.
Burn and Grove, (2014).Understanding Nursing Research Building and Evidence Based Practice 6th ed, Philadelphia. WB Saunders Company. E-Book diakses 20 Desember 2022
Chichi Hafifa Transyah Jerman Ton (2021) Hubungan penerapan komunikasi terapeutik Perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap interne RSUD dr. Rasidin Padang. Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan
Desak Putu Yuli Kurniati, 2016 Modul Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana 2016
Dahlan, M. Sopiyudin. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika
Fany Lairin Djala (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso, Jurnal of Islamic Medicine Volume 5(1) (2021) Halaman 41-47.
Fitria, Nita. 2013. Laporan Pendahuluan Tentang Masalah Psikososial. Jakarta : alemba Medika
Irwanti, F., Guspianto, G., Wardiah, R., & Solida, A. (2022). Hubungan Komunikasi Efektif
dengan Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 6(1), 32–41. https://doi.org/10.22437/jkmj.v6i1.15551
Irwan, H. (2017). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Edisi 1 Cetakan 2. Yogyakarta : Deepublish.
Julia T. Wood, 2009, Communication in Our Lives, USA: University of North Carolina at Capital Hill, 2009
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Muninjaya, G. A. 2013. Manajemen kesehatan. Jakarta: EGC. Parasuraman, A., Zeithaml, V., Berry, L., 1998 ”servequal: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perception Of Service Quality”Jurnal of Retailing.
Purwanto, S. 2007. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Available online at http://klinis.wordpress.com (diakses 10 September 2022)
Pieter, H. (2017). Dasar Dasar Komunikasi Bagi Perawat. Prenada Media
Pohan, I.S., 2006, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, Hal. 146, Penerbit Buku Kedokteran, EGC, Jakarta.
Rakhmat, J, 2004. Psikologi Komunikasi. Cetakan keduapuluhsatu. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Rokhmah, N. A., & Anggorowati, A. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Praktek Kolaborasi
Interprofesi Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan. JHeS (Journal of Health Studies), 1(1), 65–71. https://doi.org/10.31101/jhes.186
Sugito, Hadi (2005). Mengukur Kepuasan Pelanggan (Online). Tersedia: http://hadisugito.fadla.or.id/2005/12/11/mengukur-kepuasan-pelanggan/ diakses 8 Agustus 2022
Sareong, Kiky Miranti dkk. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara Tahun 2013. Makassar: Universitas Hasanuddin. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Widiyawati, W 2018, Relationship between therapeutic communication and early mobilization among pateients on herniotomy postoperative at Rumkital Dr. Ramelan Surabaya, Proceedings of 3th International symposium of public health 2018, Universitas Airlangga Surabaya
Published
2024-05-28