Hubungan Self Regulated Learning, Kesejahteraan Spiritual, Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan
Keywords:
Self-Regulated Learning, Kesejahteraan Spiritual, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar, Mahasiswa Keperawatan
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini apakah ada hubungan self-regulated learning, kesejahteraan spiritual, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. Penelitian ini berbentuk ex post facto, menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini 60 orang, dipilih 46 orang secara simple random sampling. Data diperoleh menggunan instrumen, skala self-regulated learning, kesejahteraan spiritual, dan kecerdasan spiritual serta data prestasi belajar menggunakan nilai IPK semester. Hasil penelitian terbukti secara empiris, self-regulated learning, kesejahteraan spiritual, dan kecerdasan spiritual berhubungan sangat signifikan terhadap prestasi belajar, diperoleh nilai R sebesar 5,472 dan p=0,001 (p<0.05). Hasil Penelitian di dapatkan self-regulated learning positif signifikan berkontribisi terhadap prestasi belajar, nilai korelasi parsial 0,181 dengan taraf signifikansi sebesar 0,029 (p<0.05). Kesejahteraan spiritual positif sangat signifikan berkontribisi terhadap prestasi belajar, nilai korelasi parsial 0,327 dengan taraf signifikansi sebesar 0,002 (p<0.05). Kecerdasan spiritual positif sangat signifikan berkontribisi terhadap prestasi belajar, nilai korelasi parsial 0,356 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (p<0.05). Kesimpulan penelitian ini ada hubungan yang sangat signifikan self-regulated learning, kesejahteraan spiritual, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan pentingnya mengenalkan self-regulated learning dalam metode belajar, menumbuhkan kesejahteraan spiritual, dan kecerdasan spiritual, sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa keperawatan dengan pendekatan pembelajaran orang dewasa.References
Asrul, Abdul Hasan Sarigih, and Mukhtar. 2022. Evaluasi Pembelajaran.
Ayu Septiana Cahyono, Najwa, and Muhammad Nur Fathan. 2023. “Pengaruh Puasa Terhadap Kesehatan Tubuh, Kesehatan Mental, Dan Prestasi Belajar.” Journal Islamic Education 1(4):71–84.
Diponegoro, Ahmad Muhammad, Yuzarion Yuzarion, and Widiarti Widiarti. 2022. “The Development Of Character Achievement Test For Islamic University Students.” International Journal of Educational Management and Innovation 3(1):45–58. doi: 10.12928/ijemi.v3i1.4987.
Feliarosa, Dorothea Diana, and Ermida Simanjuntak. 2021. “Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smalb/B X.” Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia 9(1):63–70. doi: 10.33508/exp.v9i1.3064.
Haibar, Rizky Allivia Larasati, and Yuzarion Yuzarion. 2024. “Self-Efficacy, Teacher’s Attitude, and English Language Learning Achievements.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 6(1):1–11. doi: 10.51214/00202406755000.
Mat Wajar, Muhammad Salehan Alhafiz, Rohana Binti Hamzah, Ahmad Muhaimin Mohamad, and Christina Andin. 2022. “Pengaruh Faktor Kesihatan Mental, Kecerdasan Spiritual Ke Atas Kebahagiaan Hidup Dan Prestasi Akademik Pelajar.” International Journal of Humanities Technology and Civilization 7(1):10–21. doi: 10.15282/ijhtc.v7i1.7591.
Oktariani, Mutiya. 2024. “Pengaruh Problem Solving Terhadap Berpikir Kreatif Di Moderasi Self-Regulated Learning.” 4(2):659–68.
Palo, Nurul Aisyah, Ida Royani, and Sri Julyani. 2024. “KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA.” 8:2732–35.
Sari, Dina Fahma. 2022. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Stie Yadika Bangil.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2(1 Juni 2022):145–54.
Setiyorini, Sri Rejeki, and Deni Setiawan. 2023. “Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1):1–12. doi: 10.47134/jtp.v1i1.27.
Solekha, Dhea Marhatus, and Juwita Rini. 2022. “Efektivitas Penerapan Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Matematika.” SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika 2:353–62.
Suncaka, Eko. 2023. “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Manajement Dan Pendidikan 02(03):36–49.
Supriani, Yuli, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. 2020. “Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan 1(1):1–10.
Syah, M, Noor Sulaiman. 2016. “Classroom Action Research as Professional Development of Teachers in Indonesia.” Jurnal Tarbawi 13(1):1–16.
Tampubolon, Budiman. 2020. “Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 5(2):34. doi: 10.26737/jpipsi.v5i2.1920.
Tumanggor, Raja Oloan. 2019. “Analisa Konseptual Model Spiritual Well-Being Menurut Ellison Dan Fisher.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 3(1):43. doi: 10.24912/jmishumsen.v3i1.3521.
Tutpai, Gertrudis, Nita Natalia Bungas, Maria Frani, Ayu Andari Dias, Ermeisi Er Unja, Sekolah Tinggi, and Ilmu Kesehatan. 2023. “Hubungan Kesejahteraan Spiritual Dengan Kesehatan Mental Mahasiswa/I Keperawatan Stikes Suaka Insan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran 1(3):256–71.
Yuzarion, Akhmad Muhammad Diponegoro, Akhmad Fajar Prasetya, Asvian Taufikurrahman, Afdila Ilham Isma, and Irfan Anari. 2023. “Kontribusi Self-Regulated Learning, Kesadaran Diri, Dan Kecerdasan Spritual Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Psikologika.
Yuzarion, Akhmad Fajar Prasetya, and Alfaiz. 2023. “Kontribusi Dukungan Orangtua Dan Dukungan Teman Terhadap Self Regulated Learning Di SLTA A B Yogyakarta.” Psyche 165 Journal 16(4):294–303. doi: 10.35134/jpsy165.v16i4.293.
Yuzarion, Yuzarion, Alfaiz Alfaiz, Rici Kardo, and Lovelly Dwinda Dahen. 2017. “Condition of Perceived Self-Efficacy as a Predictive of Student Readiness in College Tasks.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1(2):105. doi: 10.26539/1221.
Ayu Septiana Cahyono, Najwa, and Muhammad Nur Fathan. 2023. “Pengaruh Puasa Terhadap Kesehatan Tubuh, Kesehatan Mental, Dan Prestasi Belajar.” Journal Islamic Education 1(4):71–84.
Diponegoro, Ahmad Muhammad, Yuzarion Yuzarion, and Widiarti Widiarti. 2022. “The Development Of Character Achievement Test For Islamic University Students.” International Journal of Educational Management and Innovation 3(1):45–58. doi: 10.12928/ijemi.v3i1.4987.
Feliarosa, Dorothea Diana, and Ermida Simanjuntak. 2021. “Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smalb/B X.” Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia 9(1):63–70. doi: 10.33508/exp.v9i1.3064.
Haibar, Rizky Allivia Larasati, and Yuzarion Yuzarion. 2024. “Self-Efficacy, Teacher’s Attitude, and English Language Learning Achievements.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 6(1):1–11. doi: 10.51214/00202406755000.
Mat Wajar, Muhammad Salehan Alhafiz, Rohana Binti Hamzah, Ahmad Muhaimin Mohamad, and Christina Andin. 2022. “Pengaruh Faktor Kesihatan Mental, Kecerdasan Spiritual Ke Atas Kebahagiaan Hidup Dan Prestasi Akademik Pelajar.” International Journal of Humanities Technology and Civilization 7(1):10–21. doi: 10.15282/ijhtc.v7i1.7591.
Oktariani, Mutiya. 2024. “Pengaruh Problem Solving Terhadap Berpikir Kreatif Di Moderasi Self-Regulated Learning.” 4(2):659–68.
Palo, Nurul Aisyah, Ida Royani, and Sri Julyani. 2024. “KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA.” 8:2732–35.
Sari, Dina Fahma. 2022. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Stie Yadika Bangil.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2(1 Juni 2022):145–54.
Setiyorini, Sri Rejeki, and Deni Setiawan. 2023. “Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1):1–12. doi: 10.47134/jtp.v1i1.27.
Solekha, Dhea Marhatus, and Juwita Rini. 2022. “Efektivitas Penerapan Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Matematika.” SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika 2:353–62.
Suncaka, Eko. 2023. “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Manajement Dan Pendidikan 02(03):36–49.
Supriani, Yuli, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. 2020. “Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan 1(1):1–10.
Syah, M, Noor Sulaiman. 2016. “Classroom Action Research as Professional Development of Teachers in Indonesia.” Jurnal Tarbawi 13(1):1–16.
Tampubolon, Budiman. 2020. “Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 5(2):34. doi: 10.26737/jpipsi.v5i2.1920.
Tumanggor, Raja Oloan. 2019. “Analisa Konseptual Model Spiritual Well-Being Menurut Ellison Dan Fisher.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 3(1):43. doi: 10.24912/jmishumsen.v3i1.3521.
Tutpai, Gertrudis, Nita Natalia Bungas, Maria Frani, Ayu Andari Dias, Ermeisi Er Unja, Sekolah Tinggi, and Ilmu Kesehatan. 2023. “Hubungan Kesejahteraan Spiritual Dengan Kesehatan Mental Mahasiswa/I Keperawatan Stikes Suaka Insan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran 1(3):256–71.
Yuzarion, Akhmad Muhammad Diponegoro, Akhmad Fajar Prasetya, Asvian Taufikurrahman, Afdila Ilham Isma, and Irfan Anari. 2023. “Kontribusi Self-Regulated Learning, Kesadaran Diri, Dan Kecerdasan Spritual Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Psikologika.
Yuzarion, Akhmad Fajar Prasetya, and Alfaiz. 2023. “Kontribusi Dukungan Orangtua Dan Dukungan Teman Terhadap Self Regulated Learning Di SLTA A B Yogyakarta.” Psyche 165 Journal 16(4):294–303. doi: 10.35134/jpsy165.v16i4.293.
Yuzarion, Yuzarion, Alfaiz Alfaiz, Rici Kardo, and Lovelly Dwinda Dahen. 2017. “Condition of Perceived Self-Efficacy as a Predictive of Student Readiness in College Tasks.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1(2):105. doi: 10.26539/1221.
Published
2024-09-30
Section
Articles
Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.