PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WONOAYU KECAMATN PILANGKENCENG KABUPATEN MADIUN JAWA TIMUR

  • Wahyu Megawati STIKES Insan Cendekia Medika
  • Hindyah Ike STIKES Insan Cendekia Medika
  • Agustina Maunaturrohmah STIKES Insan Cendekia Medika

Abstract

Pendahuluan: Kecenderungan kasus meningkatnya masalah belajar anak berhubungan dengan rentang tingkat konsentrasi. Bentuk dari masalah tingkat konsentrasi belajar seperti perhatian serta pikiran siswa mudah sekali teralihkan dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Senam otak (brain gym) bisa dilakukan oleh segala umur yaitu anak-anak, dewasa maupun lansia karena pada dasarnya senam otak sama pentingnya dengan olahraga tubuh. Selama ini orang hanya memelihara kebugaran fisik dibandingkan otak padahal otak merupakan pusat kontrol segala aktivitas manusia. Otak juga memerlukan latihan untuk menjaga kualitas kesehatan otak. Penelitian ini dilaksanakan di DSN Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Metode Penelitian: Desain penelitian ini menggunakan one group pre dan post test design. Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Wonoayu yang berjumlah 27 siswa, dengan teknik sampel total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest dan dianalisa menggunakan uji wilcoxon α<0,05.  Hasil Penelitian: Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebelum dilakukan senam otak sebagian besar responden 14 (52%) dengan kategori sedang seetelah dilakukan senam otak diperoleh hasil sebagian besar responden 15 (56%) dengan kategori sedang, Berdasarkan hasil uji willcoxon diperoleh hasil sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti H1 diterima sehingga ada pengaruh senam otak brain gym terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Kesimpulan: Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada pengaruh senam otak terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas IV di SDN Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Saran: Dapat dijadikan pembelajaran di sekolah dengan menggunakan senam otak sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan tingkat konsentrasi belajar anak.Kata Kunci: Anak, Senam Otak, Tingkat Konsentrasi

References

Alimul 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Salemba Medika, Jakarta

Ayinosa 2009. Brain Gym (Senam Otak). Diperoleh dari http://book.store.co.id/2009. Diakses tanggal 20 April 2016 hal 36.

Dennison 2009. Brain Gym (senam Otak) Edisi Bahasa Indonesia (Cetakan ke X). Jakarta : Grasindo

Hendra Surya. 2009. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo

Slameto 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyo 2008. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: CV. Nieuw

Yanuarita 2012. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: Teranova Books.

Published
2018-03-08