HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU IBU DALAM MELAKUKAN TOILET TRAINING ANAK USIA TODDLER

  • Dewi Ratna Sari STIKES Insan Cendekia Medika
  • Hindyah Ike STIKES Insan Cendekia Medika
  • Sumarsono Sumarsono STIKES Insan Cendekia Medika

Abstract

Pendahuluan: Kejadian buruknya pelaksanaan toilet training di masyarakat masih tinggi. Hal ini terlihat banyak ibu yang tidak melatih anaknya untuk BAB dan BAK di tempatnya ada juga ibu yang gagal dalam melakukan toilet training karena membiasakan memakai pampers di malam hari. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian adalah Menganalisis hubungan motivasi dengan perilaku ibu dalam melakukan toilet training anak usia toddler di PAUD BINA INSANI Dusun Balongrejo, Desa Sukorame, kecamatan Sukorame, kabupaten Lamongan. Metode Penelitian: Rancangan penelitian menggunakan “Cross Sectional”. Populasi penelitian semua ibu yang memiliki anak usia toddler PAUD BINA INSANI Dusun Balongrejo, Desa Sukorame, kecamatan Sukorame, kabupaten Lamongan. Teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel sejumlah 25 orang. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada responden menggunakan uji statistik “Regresi Linier” dengan alpha 0,05. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan responden memiliki motivasi lemah 11(44%), motivasi sedang 9 (36%), motivasi kuat 5 (20%) Responden yang memiliki perilaku negatif 14 (56%), perilaku positif 11 (44%). Pengolahan data dengan uji statistik Regresi Linier di dapatkan  hasil ρ-value 0,001 yang lebih kecil dari alpha (0,05), maka  ρ ≤ α  sehingga H1 diterima artinya ada hubungan antara variabel motivasi dengan perilaku ibu dalam melakukan toilet training anak usia toddler dimana semakin kuat motivasi maka perilaku ibu dalam melakukan toilet training akan semakin positif. Hasil penelitian ini juga menunjukan kekuatan hubungan baik , yaitu 0,526. Kesimpulan: Kesimpulan, ada hubungan antara motivasi dengan perilaku ibu dalam melakukan toilet training anak usia toodler.Kata Kunci     : Motivasi, Perilaku, Toilet Training

References

Ardhiyanti, Lusyta Puri, 2013. Hubungan Antara Pendidikan Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Batita Umur 1-3 Tahun Di Bpm Ny. Ni’ Madzumi,S.St,M.Kes Desa Bawangan Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang.’,Jurnal Keperawatan, vol.01, No.001, Maret 2011

Eka Windian, 2011. Hubungan Antara Stimulasi Toilet Training Oleh Ibu Dengan Kemampuan Toileting Anak Usia Prasekolah Di Desa Balung Lor. Skripsi. jember. Universitas jember:82.

Effendy , Onong uchjana, 2006. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.

Herijulianti, Eliza. 2001. Pendidikan Kesehatan Anak. Jakarta: EGC

Hidayat, A. Aziz Alimul, 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika.

Notoadmodjo, 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Riblatt, S.N., et al. 2013. Parents and Child Profesional Toilet Training Attitudes and Pratice a Comparative Analysis. (http://www.journal.pedraitics)

Rusmi, 2008. Teori Movasi .Jakarta: Bintang Pustaka

Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Buku Kedokteran. EGC: Jakarta

Sunaryo, 2006. Psikologi untuk Kesehatan. Jakarta : EGC

Sugiyono, 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Warner, Penny & Paula Kelly, 2007. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta: Arcan.

Welch. Thomas. R. 2013. Thoilet raining Wheels. (http://www.journal predaitics.

Winardi, 2009. Manajemen Perilaku Organisasi. Edisi 2. Jakarta: Kencana Prenadu Media Group.

Wong, Donna L, dkk, 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 6. Jakarta: EGC.

Wulandari, Virginia, 2001. [balita-anda] Toilet Training. http://www.mail.archive.com/balitaanda@indoglobal.com/. (diakses 12 Maret 2015 jam 14.02 WIB).

Published
2018-03-08