PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI (PERNAFASAN DALAM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Di MTs Riyadlatul Fallah Kelas VIII Plandaan Jombang)

  • Inayatur Rosyidah STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Mochamad Ali Imron STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Pendahuluan: Belajar merupakan suatu upaya untuk menguasai sejumlah pengetahuan. Dalam menguasai sejumlah pengetahuan tersebut sangat diperlukan konsentrasi. Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi yaitu dengan cara teknik relaksasi (pernafasan dalam). Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi (pernafasan dalam) terhadap tingkat konsentrasi dalam proses pembelajaran (Studi di MTs Riyadlatul Fallah Kelas VIII Plandaan Jombang). Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan rancangan One group pre-post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Riyadlatul Fallah Plandaan Jombang dengan pengambilan sampling Total Sampling dengan jumlah sampel 25 siswa. Variabel independent adalah teknik relaksasi nafas dalam, sedangkan variabel dependent adalah tingkat konsentrasi dalam proses pembelajaran di kelas VIII. Data dikumpulan dengan menggunakan lembar observasi dengan analisa data menggunakan uji statistic Willcoxon (α = 0,05). Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi (pernafasan dalam) berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi dalam proses pembelajaran di kelas VIII yaitu sebelumnya siswa yang memiliki tingkat konsentrasi yang tidak baik 25 siswa (100%) menjadi 3 siswa (12%). Jadi, hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi sebanyak 22 siswa (88%) dengan hasil uji statistic p= 0,000. Kesimpulan: Kesimpulan ada pengaruh teknik relaksasi (pernafasan dalam) terhadap tingkat konsentrasi siswa kelas VIII di MTs Riyadlatul Fallah Plandaan Jombang. Saran: Sebagai bahan pertimbangan untuk ikut berperan serta dalam memberikan health education, motivasi dan konseling kepada permasalahan psikologi remaja (siswa) kususnya didunia pendidikan. Kata Kunci : Konsentrasi, Nafas dalam, Relaksasi, Teknik

References

B. Uno , Hamzah. 2011. Belajar Dengan

Pendekatan PAILKEM. Jakarta :

Bumi Aksara.

Fanu, James Le. 2009. Deteksi Dini

Masalah-Masalah Psikologi Anak.

Yogyakarta : Think.

Kementrian Agama Kota Jawa Timur.

Data Pokok Pendidikan

Menengah Pertama/sederajat.

Surabaya

Maulana. 2011.Kiat Melatih Konsentrasi

Anak. Yogyakarta: Hikayat

Publising.

Notoadmodjo. 2010. Metode Penelitian

Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Smeltzer, S.C & Bare, B. G. 2002. Buku

Ajar Keperawatan medical Bedah.

Jakarta : EGC

Sugiono. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif

dan R & D. Bandung : Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar.

Jakarta : Rajawali Pers.

Trullyen. V. L. 2013. Pengaruh Teknik

Relaksasi Nafas Dalam Terhadap

Interaksi Nyeri. Jakarta : EGC

Published
2018-02-13