PEER GROUP SUPPORT DENGAN PERILAKU MEMILIH JAJANAN PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi pada Anak Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro Jombang)

  • Iva Milia Hani Rahmawati
  • Ifa Nita Safitri

Abstract

Pendahuluan : perilaku anak usia sekolah cenderung belum bisa memilah dan memilih mana jajanan sehat dan tidak sehat. Saat anak disekolah, teman berperan penting dalam pemilihan jajanan. Tujuan penelitian: menganalisis hubungan peer group support dengan perilaku memilih jajanan pada anak usia sekolah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro Jombang. Metode penelitian: analitik cross sectional. Populasi seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro Jombang sebanyak 69 siswa. Teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dengan sampel sebanyak 59 siswa dari kelas IV semangat dan giat. Instrument penelitian variabel peer group support dan perilaku memilih jajanan menggunakan lembar kuesioner. Pengelolaan data editing, coding, skoring, dan tabulating. Analisa data dengan uji statistik Chi Square. Pembahasan: menunjukkan dari 59 responden hampir seluruh responden mempunyai support positif sebanyak 47 (79,7%), support negatif sebanyak 12 (20,3%) dan hampir seluruh responden mempunyai perilaku positif sebanyak 45 (76,3%), perilaku negatif sebanyak 14 (23,7%). Hasil penelitian: p value = 0,017 < 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulan: ada hubungan peer group support dengan perilaku memilih jajanan pada anak usia sekolah. Saran: anak usia sekolah diharapkan dapat mempertahankan perilaku sehat mereka dalam memilih jajanan.

References

Aisyiah. (2015) Pola Asuh dan Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Pemilihan Jajan Anak Usia Sekolah di Kelurahan Cireundeu Tangerang Selatan. Jurnal Care, Vol. 3, No. 2, hal. 1–8.

Andriani, M., Wijatmadi, B. (2012) Pengantar Gizi Masyarakat. Cetakan ke-1, Prenada Media Group, Jakarta.

Baliwati, F. Y., Syafitri, Y., dan Syarief, H. (2009) Kebiasaan Jajan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Pangan, Vol. 4, No. 3, hal 168-174

BPOM. (2014) Laporan Kinerja Badan POM Tahun 2014. https://www.pom.go.id/ppid/2015/R2TN2014.pdf, disitasi 19 Februari 2018.

Candrawati, E., Febriani, K., Putri, M. R. (2018) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Nursing News, Volume. 3, Nomor. 1, hal. 358–368.

Fikawati, S., Syafiq, A., Veratamala, A. (2017) Gizi Anak dan Remaja. Cetakan ke-1, Rajawali Pers, Depok.

Kristianto, Y., Mustafa, A., Riyadi, B.D. (2013) Faktor Determinan Pemilihan Makanan Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 7, No. 11, hal. 489–494.

Kustriyani, M., Widyaningsih S., T., Prasetyo, A. (2013) Hubungan Peer Group Support dengan Perilaku Memilih Jajanan Sehat pada Anak Usia Sekolah. hal. 334-342.

Marliani, R. (2016) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan ke-1, CV Pustaka Setia, Bandung.

Wijayanti, A., F. (2012) Studi Deskriptif Dukungan Peer Group Pada Anak Sekolah Dan Remaja Yang Di Rawat Rumah Sakit. Universitas Indonesia, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20313214-S43687, sitasi 5 Juli 2018.

Published
2018-12-10
Section
Jurnal Keperawatan Vol 16 No 1