PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH BERBASIS TEORI ADAPTASI SISTER CALLISTA ROY DI TK DHARMA WANITA SIDOARJO
Abstract
Perkembangan gadget yang sangat pesat, memberikan dampak dalam interaksi karena anak dengan penggunaan gadget yang berlebihan, aktif dengan dunianya sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan interaksi sosial anak usia pra sekolah.Desain penelitian cross sectional. Populasi 47 anak TK Dharma Wanita usia 3-6 tahun di Desa Wirobiting, Sidoarjo. Sampel 32 responden dengan metode purposive sampling. Variabel independen yaitu tingkat penggunaan gadget dan variabel dependen yaitu perkembangan interaksi sosial. Yang diukur dengan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji spearman rho α= 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget jarang 25 responden (78%), dan perkembangan interaksi sosial cukup 16 responden (50%). Responden dengan penggunaan gadget jarang yang memiliki interaksi sosial cukup 16 responden (50%). Hasil uji spearman rho α= 0,05 didapatkan p = 0,001< 0,05 sehingga sehingga diterima, artinya ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan interaksi sosial. Diharapkan orangtua dapat membatasi durasi dalam menggunakan gadget terhadap anak anak dengan usia pra sekolah (3-6 tahun) maksimal 30 menit dalam satu hariReferences
Balitbang, SDM Kominfo, Dinamika Perkembangan Pemanfaatan Teknologi
Komunikasi Serta Implikasinya di Masyarakat. (Jakarta: Media Bangsa) 2014.
Chris Rowan. 2015. Penggunaan Teknologi Gadget Pada perkembangan psikologi Anak.Jurnal
Ferliana. 2013. Penggunaan Teknologi Gadget Pada Anak.Jurnal
Hurlock, E. Perkembangan Anak edisi keenam. Surabaya: Erlangga. 2005.
Irfanqi.2015.pengaruh teknologi terhadap perkembangan anak,jurnal
Widiawati.2014.Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial mahasiswa semester v (lima).jurnal
Mubashiroh.2013.Gadget,Penggunaan Dan Dampak Pada Anak .Semarang.
Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.