HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP PASIEN
Abstract
Perilaku caring merupakan upaya yang dilakukan perawat untuk dekat dengan klien dan mengerti apa yang di rasakan klien sehingga perawat mampu melakukan asuhan keperawatan dengan tepat sesuai masalah yang dialami klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan komunikasi efektif dengan perilaku caring perawat terhadap pasien di ruang Asoka Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang. Desain dalam penelitian ini menggunakan analitik cross sectional . Populasi sebanyak 32 perawat dan sampel penelitian ini berjumlah 30 perawat di ruang Asoka RSUD Jombang. Teknik dalam pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling, Analisa data menggunakan uji Spearman Rank dengan nilai Alpha (0,05). Hasil penelitian didapatkan sebagian besar perawat di ruang asoka telah menerapkan komunikasi efektif sebanyak (76,7%) dan telah menerapkan perilaku caring sebanyak (66,7%) uji statistik Spearman Rank menunjukksn p value 0,014 (p value <α =0,05) dan besar koefisien korelasi 0,446 yang berarti kekuatan korelasi sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara komunikasi efektif dengan perilaku caring perawat terhadap pasien di ruang Asoka RSUD Jombang. Sebagai seorang perawat seharusnya lebih meningkatkan komunikasi yang efektif pada saat bertemu pasien supaya pasien merasa nyaman dan merasa bahwa dirinya dihargai sehingga akan meningkatkan perilaku caring perawat.References
Arifin, A., 2015, Hubungan Beban Kerja Dengan Perilaku caring Perawat Di ruang Rawat Inap , Skripsi Skep,Stikes Insan Cendekia Medika, Jombang, hh.02
Hidayati, N, Widodo, A & Kartinah.,2013, Hubungan Perilaku Caring perawat dengan Tingkat Kecemasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Surakarta, Skripsi Skep, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta, hh.3
.
Husna, A,R.,Sumarliyah,E.,& Tipo,A,2009, Hubungan Komunikasi Terapeutik perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang,vol.02,No.1,hh.42-44.
Potter PA. & Perry AG., 2009, Buku Ajar Fundamental Keperawatan; 7rd edn., Salemba Medika, Jakarta, hh 157-171.
Prabowo, S.P., Ardiana, A., Wijaya,D, 2014, Hubungan Tingkat Kognitif Perawat tentang Caring dengan Aplikasi Praktek Caring di Ruang Rawat Inap RSU dr.H.Koesnandi Bondowoso, vol.2,no.1,hh.149.
Sunardi, 2014, Analisis Perilaku Caring Perawat Pelaksana, Jurnal Keperawatan, vol.5, No.1,hh. 69-74
Wicaksono, Prawesti., 2012, Kiat Keperawatan (Caring) Dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan, Jurnal Keperawatan,vol.5,No.02,hh.121.
Wiindyasih,2009,Komunikasi Terapeutik perawat [Internet]. [sitasi 2017 februari 18]. Available from
https://Windyasih.wordpress.com/nursing/komunikasi
Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.