Efektifitas kombinasi latihan pernafasan dalam dan terapi spiritual terhadap perubahan parameter kardiovaskuler pada pasien hipertensi

  • Agus Muslim
  • Fitri Arofiati

Abstract

Latar belakang : Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Jika tidak ditangani secara baik dan benar akan mengakibatkan komplikasi. Salah satu tindakan terapi komplementer untuk tekanan darah tinggi adalah dengan terapi nafas dalam dan terapi spiritualitas. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh latihan terapi nafas dalam dan terapi spiritualitas terhadap tekanan darah sistole dan diastole serta denyut nadi pada pasien hipertensi. Metode : Desain menggunakan quasy experiment pre dan post test with control group design. Penelitian ini dilakukan di Desa Darungan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dengan sampel 36 responden. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. dan uji homogenitas dan normalitas (levene test dan kolomogorov smirnov) serta analisa bivariate menggunakan paired sample t test dan independent sample t test untuk uji beda mean dua kelompok. Hasil : Terdapat penurunan nilai rerata mean tekanan darah systole, diastole, dan denyut nadi secara signifikan pada kelompok pemberian terapi nafas dalam dan spiritual dengan p Value < 0.05, kecuali pada kelompok kontrol; bahwa perubahan systole dan dan denyut nadi tidak ada perubahan secara signifikan, sedangkan mean diastole terjadi perubahan secara signifikan. Hasil uji indpendent t-test didapatkan data bahwa perubahan penurunan mean systole, diastole dan denyut nadi antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol secara signifikan berbeda. Kesimpulan : Latihan terapi nafas dalam dan terapi spiritualitas berpengaruh secara signifikan terhadap tekanan darah sistole dan diastole serta denyut nadi pada pasien hipertensi.

References

Junaidi, I. Hipertensi Pengenalan, Pencegahan, dan Pengobatan. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer: 2010.

World Health Organization. Cardiovascular_Diseases. 2013; Diakses tanggal 7 Januari 2018 dari: www.who.int/cardiovascular_d iseases/.

Lewis, S. L., Dirksen, S. R., Heitkemper, M. M., Bucher, L., Camera, I. N. Medical surgical nursing: Assessment and management of clinical problems. (8th ed). St. Louis: Elsevier Mosby; 2005.

Triyanto. Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2014.

Dendy K. W. N. Efektivitas Konsumsi Jus Mentimun Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Ners Indonesia 2012. Vol. 2(2) , 124-131

Bulecheck, G., Butcher, H., Dotchermman, J., & Wagner. (Eds). Nursing Intervention Classification (NIC) (6th edition). St. Louis, MO Elseiver; 2013.

Potter, P. A., & Perry, A. G. Fundamental Keperawatan: Konsep Proses dan Praktik. (Ed. 4). Jakarta: EGC; 2005

Anderson, D.E., McNeely, J.D., & Windham, B.G. Regular Slow-Breathing Exercise Effects on Blood Pressure and Breathing Patterns at Rest. Journal of Human Hypertension 2010, (24): 807-813.

Suwardianto dan Erlin. Pengaruh Terapi Relaksasi Napas Dalam (Deep Breathing) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Kota Wilayah Selatan Kota Kediri. Jurnal STIKES RS. Baptis Kediri 2011, Vol. 4 (1).

Hasan. SQ Nabi. Aplikasi Strategi Dan Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullulah di Masa Kini. Yogyakarta:IRCiSod; 2006.

Smeltzer, S. C dan B. G. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta; 2002.

Anggraini, D. A., Waren., Situmorang., Asputra., dan Siahaan 2009. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien yang Berobat di Poliklinik Dewasa Puskesmas Bangkinang Periode Januari Sampai Juni 2008. Jurnal Ners 2009, Volume 8 (12).

Smeltzer, et al. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2008.

Muttaqin, A. & Sari, K. Asuhan Keperawatan Perioperatif: Konsep, Proses dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika; 2012.

Miller, C. Factors Affecting Blood Pressure and Heart Rate. Available; 2010 from: http://www.livestrong.com/arti cle/196479-factors-affecting- bloodpressure-heart-rate/ diakses tanggal 28 Januari 2018

Kowalski, R.,E. E-Book Terapi Hipertensi: Program 8 Minggu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke Secara Alami. Diterjemahkan dari The Blood Pressure Cure: 8 weeks to Lower Blood Pressure Without Prescription Drugs karya Robert E. Kowalski. Terbitan John Wiley & Sons, Inc. Hoboken, New Jersey: Penerjemah Ekawati, R.,S.:Penerbit Qanita:Bandung; 2010.

Hartanti, R.D., Wardana, D.P., & Fajar, R. A.Terapi Relaksasi Napas Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan 2016. Vol. IX

Muttaqin, A. Pengantar Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskuler, ed. N Elly. . Salemba Medika: Jakarta:2009, dalam Hartanti, R.D., Wardana, D.P., & Fajar, R. A. Terapi Relaksasi Napas Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pasien Hipertensi.Jurnal Ilmiah Kesehatan 2016. Vol. IX (1).

Yusiana, M.A & Rejeki, A.S. Terapi Guided Immagery dan Deep Breathing Efektif Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal STIKES 2015, Vol. 8 (2): 155-165

Haruyama, S. The miracle of Endorphin (Sehat Mudah dan Praktis dengan Hormon Kebahagiaan. Bandung: Mizan Pustaka; 2011.

Bernadi L., Porta C., Spicuzza, L., Bellwon J., Spadacini, G., Frey, A.W., Yeung, L.Y., Sanderson, J.E., Pedretti, R., Tramarin, R. (2002). Show Breathing Increases Arterial Baroreflex Sensitivity in Patients with Chronic Heart Failure. Circulation 2002. 105:143-145;

Herawati, I., & Wahyuni. Manfaat Latihan Pengaturan Pernafasan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer. The 3rd University Research Colloquium; 2016.

Pasiak T. Tuhan Dalam Otak Manusia : Mewujudkan Kesehatan Spiritual Berdasarkan Neurosains. Bandung : PT. Mizan; 2012.

Anggraini, W.,N. & Subandi. Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir Untuk Menurunkan Stress Pada Penderita Hipertensi Esensial. JurnalIntervensi Psikologi 2014, Vol. 6 (1): 81-102.

Kumala, O.D., Kusprayogi, Y., & Nashori, F. (2017). Pelatihan Dzikir Dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa pada Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmiah Psikologi 2017, Vol 4 (1): 55- 66.

Published
2019-03-28
Section
Jurnal Keperawatan Volume 17 No 1